Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Berita Beserta Unsur-unsur 5W + 1H

Kompas.com - Diperbarui 17/12/2021, 21:10 WIB
Nibras Nada Nailufar

Penulis

KOMPAS.com - Teks berita adalah teks yang berisi peristiwa terkini atau aktual.

Berita biasa kita temukan di surat kabar atau koran, televisi, majalah, radio, dan media online.

Di surat kabar, majalah, dan media online, berita berbentuk tulisan atau teks.

Sementara di radio, berita dibacakan secara lisan. Di televisi, berita juga dibacakan dan disertakan visual rekaman atau ilustrasi atas peristiwa yang dilaporkan.

Berikut beberapa contoh teks berita yang diterbitkan di Kompas.com beserta identifikasi unsurnya (5W + 1H):

1. 37 Pedagang Positif Covid-19, Pasar Keputran Surabaya Ditutup Sepekan

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasar Keputran Utara, Surabaya, akan ditutup selama sepekan setelah ada banyak pedagang dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: Struktur Teks Berita: Piramida Terbalik

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan, Pasar Keputran Utara ini mulai diliburkan mulai Selasa (21/7/2020) hingga Senin (27/7/2020) mendatang. Ia menyampaikan, hasil tes swab yang dilakukan tiga hari berturut-turut sejak 14-16 Juli 2020, terdapat 37 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Pasar Keputran Utara.

"Dari dasar itu kami sebagai Gugus Tugas merekomendasikan agar Pasar Keputran diliburkan selama tujuh hari, mulai besok tanggal 21 sampai 27 Juli 2020,” kata Irvan, di kantor BPB Linmas Kota Surabaya, Senin (21/7/2020).

Selama ditutup, Irvan menyebut, Pasar Keputran akan disterilkan untuk dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan. Selain itu, Satpol PP Surabaya akan menyosialisasikan kepada para pedagang agar membentuk Gugus Tugas Covid-19 di Pasar Keputran. Ini dilakukan semata-mata untuk melindungi keselamatan dan kesehatan masyarakat, khususnya para pedagang dan pembeli di pasar itu. 

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan WidyantoDok. Pemkot Surabaya Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto
"Selama libur itu, kami juga minta kepada para pedagang untuk kerja bakti bersih-bersih di stannya masing-masing. Kami juga kumpulkan tokoh masyarakat di situ agar membentuk Gugus Tugas di Pasar Keputran," tutur Irvan.

Irvan mengatakan, pedagang di Pasar Keputran, yang merupakan warga Surabaya dan dinyatakan positif Covid-19, mereka diisolasi di Hotel Asrama Haji, Sukolilo. Sedangkan bagi warga luar Surabaya diisolasi di Rumah Sakit Darurat Indrapura.

"Nanti test swab akan kami ulangi lagi sebelum Pasar Keputran dibuka kembali. Terutama, kepada para pedagang yang ada di sana," kata Irvan.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan, pelaksanaan sterilisasi di Pasar Keputran akan dilakukan Selasa (21/7/2020) mulai pukul 14.00 WIB hingga Senin (27/72020) mendatang pukul 00.00 WIB. Selama kegiatan sterilisasi berlangsung, Pemkot Surabaya bersama PD Pasar Surya akan melakukan penyemprotan disinfektan.

Baca juga: Unsur-unsur Berita

"Setiap hari kami lakukan sterilisasi dan juga pembersihan, baik itu sarana prasarana maupun stan-stan yang kelihatan kotor dan bisa menimbulkan terjadinya penular virus," kata Eddy.

Nantinya, sebelum para pedagang itu berjualan kembali di pasar, mereka harus menunjukkan hasil test swab dengan status negatif Covid-19 kepada petugas di Pasar Keputran. Selama dilakukan sterilisasi itu, menurut Eddy, Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya juga menyiapkan petugas test swab di lokasi.

"Jadi kami mohon seluruh pedagang agar sukarela untuk melakukan test swab, kita tidak usah takut hasilnya apapun, ini demi kesehatan dan keselamatan warga Surabaya khususnya para pedagang," kata dia.

What Pasar Keputran Utara, Surabaya, akan ditutup selama sepekan
Who Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto
When mulai Selasa (21/7/2020) hingga Senin (27/7/2020) mendatang
Where Surabaya
Why terdapat 37 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Pasar Keputran Utara.
How Pasar Keputran akan disterilkan untuk dilakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan.

IlustrasiSHUTTERSTOCK Ilustrasi
2. Indonesia Terancam Resesi, PHK dan Kemiskinan Bakal Meningkat

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonomi global melemah akibat pandemi Covid-19. Sebagian besar negara maju dan berkembang berpotensi mengalami resesi pada perekonomiannya, tak terkecuali Indonesia.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede mengatakan, perekonomian Indonesia sudah menunjukkan pelemahan. Ini tercermin dari pertumbuhan ekonomi kuartal I-2020 sebesar 2,97 persen, melambah dari periode sama di tahun lalu yang tercatat 5,05 persen.

"Ini mengindikasikan bahwa produktivitas perekonomian baik dari sisi permintaan dan produksi mengalami penurunan," ungkapnya kepada Kompas.com, Senin (20/7/2020).

Penurunan aktivitas ekonomi nasional berdampak langsung pada pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh sebagian besar sektor usaha. Termasuk pada sektor ekonomi non-formal akibat kebijakan PSBB di berbagai daerah di Indonesia.

PHK di sektor formal yang dilakukan oleh perusahaan, bersamaan dengan pekerja non-formal yang menurun tajam produktivitasnya, pada akhirnya mendorong penurunan pendapatan masyarakat yang kemudian berdampak pada penurunan pengeluaran konsumsi rumah tangga.

Baca juga: Pengertian Teks Berita

"Sebagian besar pekerja non-formal juga terdampak dengan penurunan pengeluaran konsumsi, dan bahkan turun kelas dari sebelumnya masyarakat berpenghasilan menengah menjadi penduduk rentan miskin, bahkan turun kelas menjadi masyarakat pra sejahtera," jelasnya.

Oleh sebab itu, perlambatan ekonomi domestik yang cukup signifikan, membuat Indonesia berpotensi mengalami resesi yakni ketika pertumbuhan ekonomi selama dua kuartal berturut-turut negatif. Pemerintah sendiri memperkirakan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 akan kontraksi dikisaran minus 3,5 persen hingga minus 5,1 persen, dengan titik tengah di minus 4,3 persen. 

Pada kuartal III-2020 diharapkan ekonomi Indonesia kian membaik, meski tetap berpotensi tumbuh negatif, yakni dikisaran minus 1 persen hingga positif 1,2 persen.

"(Resesi) diperkirakan akan berdampak secara riil pada masyarakat dalam hal penurunan pengeluaran konsumsi masyarakat, sehingga mendorong potensi penambahan penduduk rentan miskin dan miskin," ungkapnya.

What Sebagian besar negara maju dan berkembang berpotensi mengalami resesi pada perekonomiannya, tak terkecuali Indonesia.
Who Ekonom Bank Permata Josua Pardede
When Senin (20/7/2020)
Where Jakarta
Why Ekonomi global melemah akibat pandemi Covid-19
How Penurunan aktivitas ekonomi nasional berdampak langsung pada pemutusan hubungan kerja (PHK) yang dilakukan oleh sebagian besar sektor usaha.

Universitas Indonesiawww.ui.ac.id Universitas Indonesia
3. UI Terima Dana Prioritas Riset Nasional Rp 9,8 Miliar dari Pemerintah

DEPOK, KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menerima dana prioritas riset nasional senilai Rp 9,8 miliar dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) RI dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

UI bersama dengan 16 perguruan tinggi negeri lainnya yang tersebar di Indonesia menerima pendanaan dengan total Rp 50 miliar. Manajemen UI disebut akan menggunakan dana itu untuk membiayai 11 proposal penelitian dalam kurun waktu maksimal 5 tahun.

“Diharapkan dukungan ini mampu meningkatkan produktivitas riset dalam negeri dan mengoptimalisasi inovasi dan karya maupun produk anak bangsa,” ujar Rektor UI Ari Kuncoro melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (20/7/2020).

“Pendanaan ini merupakan kesempatan besar bagi peneliti UI untuk berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia di masa depan," timpal Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi, Abdul Haris melalui keterangan yang sama.

Baca juga: Perbedaan Teks Berita dengan Teks Nonberita

Sebelumnya, Kemristek membuka kesempatan pengiriman proposal untuk Program pendanaan Prioritas Riset Nasional 2020. Program ini diselenggarakan dalam rangka mendukung produksi produk nasional yang berkualitas.

Dalam PRN 2020 terdapat sejumlah fokus, antara lain pangan, energi, kesehatan, transportasi, produk rekayasa keteknikan, pertahanan dan keamanan, kemaritiman sosial-humaniora, seni dan budaya, serta pendidikan.

What Universitas Indonesia (UI) menerima dana prioritas riset nasional senilai Rp 9,8 miliar dari Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) RI dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
Who Rektor UI Ari Kuncoro
When Senin (20/7/2020)
Where Depok
Why Kemristek membuka kesempatan pengiriman proposal untuk Program pendanaan Prioritas Riset Nasional 2020.
How Manajemen UI disebut akan menggunakan dana itu untuk membiayai 11 proposal penelitian dalam kurun waktu maksimal 5 tahun.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com