Kompas.com - 20/07/2020, 14:47 WIB
Sidang Konferensi Inter Indonesia I di Yogyakarta
kemdikbud.go.idSidang Konferensi Inter Indonesia I di Yogyakarta

KOMPAS.com - Empat tahun setelah negara Indonesia di bawah UUD 1945 yang ditetapkan oleh PPKI pasa 18 Agustus 1945, pemerintah Indonesia terpaksa harus melakukan perubahan fundamentyal atas bentuk negara, sistem pemerintahan, dan undang-undang dasarnya.

Dari buku Hukum Tata Begara Indonesia (2019) karya Fajlurrahman Jurdi, perubahan fundamental tersebut akibat dari politik pemerintahan Belanda yang ingin berkuasa kembali di Inonesia. Pasalnya Jepang telah menyerah kepada sekutu.

Apakah Republik Indonesia Serikat (RIS)?

Republik Indonesia Serikat adalah suatu negara federasi yang berdiri yang berdiri pada tanggal 27 Desember 1949 sebagai hasil kesepatakan tiga pihak dalam Koferensi Meja Bundar. Tiga pighak tersebut, yaitu:

  • Republik Indonesia
  • Bijeenkomst voor Federaal Overleg (BFO)
  • Belanda

Kesepakatan itu juga disaksikan oleh United Nations Commission for Indonesia (UNCI) sebagai perwakilan dari PBB.

Baca juga: Terbentuknya Republik Indonesia Serikat

Apa latar belakang terbentuknya RIS?

Belanda yang ingin kembali menguasai Indonesia berusaha mendirikan negara-negara seperti negara Sumatera Timur, negara Indonesia Timur, negara Pasundan dan negara Jawa Timur.

Sejakan dengan usaha Belanda tersebut, terjadilah agresi militer I pada 1947 dan agresi militer II pada 1948. Hal tersebut mengundang keprihatinan dunia, sehingga PBB mendesak pemerintah Belanda dan pemerintah Indoensia untuk melakukan perundingan yang dikenal sebagai Koferensi Meja Bundar.

Dalam Koferensi Meja Bundar dihasilkan tiga buah persetujuan pokok, yaitu:

  • Mendirikan Negara Republik Indonesia Serikat
  • Penyerahan kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat
  • Didirikan Uni antara Republik Indonesia Serikat dan Kerajaan Belanda

Selama berlangsungnya koferensi di Den Haag, dibentuk Panitia Ketatanegaraan dan Hukum Tata Negara yang antara lain membahas rancangan Konstitusi Sementara Republik Indonesia Serikat.

Panitia ini sudah menyelesaikan pekerjaannya dan pada 29 Oktober 1949, antara wakil-wakil Republik Indonesia dan BFO, serta negara-negara federal yang dibentuk Belanda menandatangani Piagam Persetujuan tentang Konstitusi Republik Indonesia Serikat.

Baca juga: Klasifikasi Kementerian Negara Republik Indonesia

Adapun negara-negara bagian RIS berdasarkan Piagam Konstitusi RIS sebagai berikut:

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X