Mengapa Idul Adha Disebut Juga Lebaran Haji?

Kompas.com - 22/06/2020, 13:00 WIB
Umat Muslim berdoa saat melaksanakan wukuf di Jabal Rahmah, Padang Arafah, Arab Saudi, Sabtu (10/8/2019). Jemaah haji dari seluruh dunia mulai berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf yang merupakan puncak ibadah haji. ANTARA FOTO/HANNI SOFIAUmat Muslim berdoa saat melaksanakan wukuf di Jabal Rahmah, Padang Arafah, Arab Saudi, Sabtu (10/8/2019). Jemaah haji dari seluruh dunia mulai berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan wukuf yang merupakan puncak ibadah haji.
Penulis Ari Welianto
|

KOMPAS.com - Hari Raya Idul Adha merupakan salah satu hari raya umat Islam yang dirayakan di seluruh dunia.

Hari Raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan qurban bagi yang mampu. Hewan yang disembelih bisa seperti, domba, sapi, kerbau atau unta.

Hari Raya Idul Adha oleh banyak orang disebut juga dengan hari raya qurban dan lebaran haji.

Mengapa Hari Raya Idul Adha disebut juga dengan lebaran Haji?

Disebut sebagai lebaran karena tepat pada bulan Dzulhijjah umat Islam di seluruh dunia sedang menjalankan rukun Islam ke lima yaitu ibadah haji yang berada di Masjidil Haram.

Baca juga: Muamalah, Mengatur Hubungan Antar Manusia

 Pada 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan Idul Adha, umat Islam yang menunaikan ibadah haji sedang melakukan rukun haji terakhirnya dengan penyembelihan hewan qurban.

Peristiwa qurban berkaitan dengan ibadah haji.

Pada buku Di Balik 7 Hari Besar Islam (2012) karya Muhammad Sholikhin, Hari Raya Haji merupakan berkumpulnya umat Islam dunia, yang seharusnya menjadi ajang muktamar atau konferensi terbesar umat Islam sedunia untuk membahas persoalan-persoalan umat Islam.

Di mana itu ditandai dengan hari wukuf di Padang Arafah pada 9 Dzulhijah.

Wukuf merupakan salah satu ritual dalam menunaikan ibadah haji yang mengajarkan untuk meninggalkan aktivitas sejenak (berdiam diri) di Arafah ketika mulai waktu tergelincir sampai terbenam matahari.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X