Kompas.com - 21/06/2020, 15:00 WIB

KOMPAS.com - 21 Juni diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia, Hari Ayah Internasional, atau Father's Day adalah perayaan untuk menghormati peran ayah atau leluhur.

Hari Ayah Sedunia

Father's Day atau Hari Ayah Sedunia adalah hari untuk menghormati bapak dan kontribusi ayah dalam masyarakat, baik ayah kandung, ayah tiri, ayah angkat, kakek, dan kakek buyut.

Hari Ayah Sedunia adalah hari libur modern. Meski sejak bangsa Romawi kuno sudah ada tradisi untuk menghormati ayah setiap Februari untuk para ayah yang sudah meninggal.

Di seluruh dunia, Hari Ayah dirayakan pada tanggal yang berbeda. Meski perayaannya dengan cara yang sama. Biasanya dengan memberikan hadiah kepada ayah dan kegiatan keluarga.

Baca juga: 21 Februari, Hari Bahasa Ibu Internasional

Sejarah Hari Ayah

Mengutip History, sejarah Hari Ayah dimulai awal abad ke-20 di Amerika Serikat untuk merayakan Hari Ayah dan melengkapi Hari Ibu.

Hari Ayah pertama kali dirayakan pada 19 Juni 1910 di Spokane, Washington di YMCA oleh Sonora Smart Dodd. Tanggal tersebut adalah tanggal lahir ayahnya, William Jackson Smart, seorang veteran perang sipil.

Sonora Smart Dodd mendengar tentang Hari Ibu pada 1909 dan memberi tahu pendetanya bahwa ayah harus memiliki liburan yang sama.

Para pendeta menyetujui gagasan Hari Ayah dan khotbah Hari Ayah pertama dimasukkan dalam kalender pada 19 Juni 1910.

Pada 1966, banyak pria meninggalakan keluarganya untuk berperang dalam Perang Dunia II. Selama masa ini kontribusi ayah bagi keluarga sangat terasa.

Baca juga: Hari Perempuan Internasional

Presiden Lyndon B Johnson mengeluarkan proklamasi untuk memperingati Hari Ayah di Amerika Serikat pada hari minggu ketiga Juni.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.