Kompas.com - 20/06/2020, 19:47 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Beberapa orang mengudap alergi pada makanan tertentu. Anda mungkin melihat sejumlah makanan dibuat khusus untuk orang-orang yang alergi pada makanan tertentu.

Salah satunya adalah makanan dengan tulisan “bebas gluten”. Lalu apa sebenarnya gluten tersebit?

Dilansir dari Wonderopolis, gluten adalah salah satu jenis protein yang biasanya terdapat dalam jenis biji-bijian seperti gandum, gandum hitam, dan jelai.

Ini berarti bahwa gluten dapat ditemukan di berbagai jenis makanan yang terbuat dari biji-bijian. Ini termasuk roti, kerak pizza, dan sereal sarapan.

Baca juga: Gandum, Tanaman Pertama Manusia Purba

Apakah gluten buruk?

Gluten hanya buruk bagi orang-orang tertentu. Orang-orang ini peka terhadap gluten atau gluten-intolerant, yang berarti tubuh mereka menghasilkan respons imun yang abnormal ketika memecah gluten selama pencernaan.

Dari laman Live Science, sekitar 18 juta orang Amerika memiliki sensitivitas terhadap gluten, menurut National Foundation for Celiac Awareness.

Bentuk intoleransi gluten yang paling terkenal adalah penyakit seliak (celiac). Ketika seseorang dengan penyakit seliak mengkonsumsi gluten, itu memicu respon kekebalan yang merusak usus mereka, mencegah mereka menyerap nutrisi penting.

Gangguan gastrointestinal kronis yang disebut sindrom iritasi usus (IBS) adalah kondisi lain yang dipengaruhi oleh gluten.

Baca juga: Sejarah Tahu: Bukan dari Indonesia

 

IBS mempengaruhi 7 hingga 20 persen orang dewasa di Amerika Serikat. Butiran gluten kaya akan pati dan gula yang dapat dengan mudah difermentasi oleh bakteri usus. Ini dapat menyebabkan kembung, kram, dan atau diare.

Alergi gandum adalah jenis alergi langka yang ditandai oleh reaksi kulit, pernapasan, atau gastrointestinal terhadap alergen gandum, tetapi tidak selalu disebabkan oleh gluten.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X