Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuliskan Cerita Singkat tentang Kekhasan Daerah Asalmu, Jawa Tengah

Kompas.com - 29/04/2020, 07:48 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 29 April 2020 membahas Lagu dan Pakian Adat: Aceh, Kalimantan, dan NTT bagi siswa kelas 1-3 SD.

Pada tayanagn itu, terdapat pertanyaan mengenai tuliskan cerita singkat tentang kekhasan daerah asalmu. Minimal terdiri dari 8 kalimat.

Jawaban alternatif:

Kekhasan daerah Jawa Tengah, yaitu:

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jawa Tengah memiliki rumah adat khas yang bernama Joglo atau Padepokan.

Disisi pakaiannya juga sangat khas, yaitu beskap dan kebaya. Tentunya kain jarik menjadi ciri khus dari Jawa Tengah. Hal ini karena setiap motif jarik memiliki makna dan cerita.

Baca juga: Jenis Tarian Barongsai

Jawa Tengah terkenal dengan beberapa keseniannya, di antaranya wayang kulit, tari serimpi, dan gamelan jawa.

Gamelan Jawa merupakan budaya Hindu yang diubah oleh Sunan Bonang. Salah satu karya Sunan Bonang dalam kesenian gamelan adalah tombo ati.

Kelompok gamelan Jawa Surya Kencana Dok. KBRI Budapest Kelompok gamelan Jawa Surya Kencana

Jawa Tengah juga memiliki sendratari Ramayana yang menceritakan usaha Rama menyelamatkan Sinta yang diculik oleh Rahwana.

Tradisi Jawa Tengah yang cukup unik kirab seribu apem. Ritual yang digelar oleh masyarakat Kampung Sewu, Solo sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Kampung Sewu.

Tak hanya itu, Jawa Tengah memiliki senjata khas yang bernama Keris. Keris telah diakui oleh masyarakat-masyarakat setempat sebagai senjata yang memiliki nilai seni tinggi.

Pada zaman dulu, keris digunakan sebagai identitas. Baik sebagai identitas keluarga, kelompok maupun identitas diri sendiri.

Baca juga: Tuliskan Cerita Singkat tentang Kekhasan Daerah Asalmu, NTT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com