Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuliskan Cerita Singkat tentang Kekhasan Daerah Asalmu, Aceh

Kompas.com - 29/04/2020, 08:10 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Rabu, 29 April 2020 membahas Lagu dan Pakian Adat: Aceh, Kalimantan, dan NTT bagi siswa kelas 1-3 SD.

Pada tayanagn itu, terdapat pertanyaan mengenai tuliskan cerita singkat tentang kekhasan daerah asalmu. Minimal terdiri dari 8 kalimat.

Jawaban alternatif:

Kekhasan daerah Aceh, yaitu:

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, rumah adat Suku Aceh dinamakan Krong Bade. Rumah ini memiliki panggung dengan jarak lantai 2,5 - 3 meter dari atas tanah.

Untuk pakaian adat dibedakan antara laki-laki dan perempuan. Laki-laki mengenakan perpaduan baju Meukasah dengan celana Cekak Musang.

Baca juga: Perahu Phinisi, Perahu Tradisional Khas Suku Bugis

Sementara perempuan perpaduan pakaian baju Kurung Lengan Panjang dengan celana Cekak Musang. dikombinasikan dengan jilbab atau kerudung.

Upavara adat yang sering dilakukan di Aceh adalah upacara perkawinan.

Aceh memiliki tarian adat yang sangat beragam. Salah satu tarian adat yang cukup terkenal adalah Tari Seudati.

Rumah adat Aceh kemdikbud.go.id Rumah adat Aceh

Lagu daerah yang sangat terkenal dan sangat sering dinyanyikan oleh orang Aceh adalah Bungong Jeumpa dan Piso Surit. Selain itu, ada jenis lagu daerah lainnya seperti Tawar Sedenge, Sepakat Segenap, Aceh Lon Sayang, Lembah Alas, dan Aneuk Yatim.

Aceh juga memiliki senjata tradisional yang terkenal, yakni Rencong. Senjata ini mirip dengan keris yang dulu dipakai oleh Suku Aceh pada masa Kesultanan Aceh.

Baca juga: Perahu Jong, Permainan Tradisional asal Riau

Makanan tradisional Aceh mempunyai khasiat yang mirip dengan makanan India, salah satunya adalah kari atau kerambi kering. Terdapat makanan acehnic khusus yang menggunakan ikan sebagai bahan dasar, yang disebut Maya Eungkot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com