Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Fungsi Komunikasi Persuasif

KOMPAS.com - Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang ditujukan untuk membujuk atau memengaruhi khalayak.

Persuasif sendiri sebenarnya banyak digunakan dalam komunikasi politik, komunikasi pemasaran, hingga komunikasi antara orangtua dengan anak.

Dilansir dari situs Study, komunikasi persuasif adalah komunikasi yang berupaya meyakinkan seseorang, untuk mengubah perilaku, keyakinan, atau nilai-nilai yang dianutnya.

Semua orang di lapisan sosial mana pun, bisa menggunakan dan menerapkan praktik komunikasi persuasif ini.

Apa fungsi komunikasi persuasif?

Fungsi persuasif

Menurut Desiani dan Gilar Gandana dalam buku Komunikasi dalam PAUD (2019), fungsi komunikasi persuasif yang pertama adalah fungsi kontrol.

Artinya komunikator (pengirim pesan) berusaha mengontrol komunikan (penerima pesan), agar mengikuti atau menjalani perintahnya.

Fungsi persuasif ini juga berkaitan dengan fungsi pengawasan, di mana komunikator berusaha mengawasi dan memengaruhi komunikan.

Fungsi komunikasi persuasif yang kedua adalah melindungi komunikan atau penerima pesan dari terpaan informasi yang belum valid.

Komunikator berusaha melindungi komunikan dari instruksi, informasi, atau keterangan yang belum jelas. Sehingga komunikan merasa aman di dekat komunikator.

Biasanya fungsi persuasif ini dijumpai di televisi, radio, media sosial, hingga surat kabar. Lewat fungsi ini, komunikan dapat lebih fokus dalam menyaring pesan yang diterimanya.

Fungsi komunikasi persuasif yang terakhir ialah fungsi pengetahuan. Artinya komunikasi persuasif berperan untuk meningkatkan pengetahuan juga wawasan komunikannya.

Dari fungsi ini kita bisa melihat bahwa komunikator tidak hanya berusaha mengontrol atau memengaruhi komunikannya, namun, juga berupaya untuk mengedukasi.

Semua fungsi persuasif ini sangat erat kaitannya dengan komunikasi pemasaran dan komunikasi politik.

Kesimpulannya, fungsi komunikasi persuasif adalah:

https://www.kompas.com/skola/read/2024/02/12/110000169/3-fungsi-komunikasi-persuasif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke