Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Bencana Akibat Ulah Manusia

KOMPAS.com – Bencana dapat terjadi secara alami karena berbagai faktor abiotik di bumi. Namun, juga dapat terjadi akibat ulah manusia. Bencana apa saja yang disebabkan oleh ulah manusia? Berikut adalah penjelasannya!

Banjir

Banjir adalah salah satu bencana yang dapat terjadi karena ulah manusia. Kebiasaan membuang sampah ke aliran air, membuang sampah sembarangan, deforestasi hutan, dan menutup daerah resapan menjadi permukaan anti air menjadi penyebab dari banjir.

Belum lagi penyempitan volume sungai karena penggunaan lahan di sisinya. Hal tersebut membuat banjir mudah datang saat musim hujan.

Longsor

Longsor juga dapat menjadi bencana alam akibat ulah manusia. Dilansir dari U.S. Geological Survey, pembangunan jalan dan struktur tanpa kemiringan memadai, perubahan ola drainase air, dan tidak ditanggulanginya tanah longsor lama dapat menyebabkan bencana longsor.

Selain hal tersebut, deforestasi atau penggundulan hutan juga dapat menimbulkan longsor. Karena tanpa adanya akar pohon, tanah tidak mampu menyerap banyak air sehingga menimbulkan longsor.

Kebakaran hutan

Contoh bencana akibat ulah manusia adalah kebakaran hutan. Kebakaran hutan dapat terjadi secara alami karena petir. Namun, modern ini sebagian besar kebakaran hutan diakibatkan oleh ulah manusia.

Kebakaran hutan dapat terjadi karena salah penggunaan peralatan yang mengakibatkan api, rokok yang menyala, juga api unggun.

Namun, yang fatal adalah kebakaran hutan yang disengaja untuk membuka hutan menjadi lahan lain (misalnya perkebunan, pertanian, dan industri).

Dilansir dari Science, kebakaran hutan yang dipicu oleh manusia biasanya menyebar sekitar 1,83 kilometer per hari. S

edangkan, kebakaran hutan yang dipicu oleh petir biasanya menyebar sekitar 0,83 kilometer per hari.

Artinya, penyebaran api kebakaran hutan oleh manusia dua kali lebih cepat daripada yang terjadi secara alami.

Kebocoran gas beracun

Kebocoran gas beracun adalah bencana alam yang disebabkan oleh manusia. Kebocoran gas merupakan bencana yang berasal dari industri di mana gas yang digunakan bocor ke atmosfer dan meracuni orang yang terpapar.

Contohnya adalah bencana Bhopal yaitu kebocoran gas metil isosianat dari suatu pabrik.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, bencana Bhopal mengakibatkan kematian bagi 20.000 orang dan berbagai masalah kesehatan bagi sekitar 500.000 orang yang selamat dari bencana tersebut.

Pencemaran air

Bencana akibat ulah manusia adalah pencemaran air. Pencemaran air dapat terjadi karena manusia membuang sampah dan limbah ke air secara sengaja ataupun tidak sengaja.

Pencemaran air dapat mengakibatkan bencana, contohnya bencana penyakit minamata di Jepang. Penyakit minamata diakibatkan dibuangnya limbah merkuri seberat 27 ton ke teluk Minamata.

Bencana tersebut mengakibatkankematian 1.784 orang dan puluran ribu korban dengan gangguan kesehatan lain.

Ledakan industri

Contoh bencana akibat ulah manusia adalah ledakan industri. Misalnya ledakan reaktor nuklir Chernobyl, ledakan anjungan minyak di Teluk Meksiko, dan ledakan pabrik kimia.

Ledakan industrik adalah bencana yang dapat mengakibatkan korban jiwa, pencemar lingkungan di sekelilingan, juga masalah kesehatan bagi orang yang terpapar ledakannya.

https://www.kompas.com/skola/read/2022/06/30/120000069/6-bencana-akibat-ulah-manusia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke