Bagaimana Respons Organ Tubuh Setelah 7 Hari Tidak Makan?

Kompas.com - 08/03/2024, 09:33 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkapkan seperti apa respon tubuh setelah 7 hari tidak makan.

Studi tersebut menyebutkan adanya perubahan signifikan dan sistematis di berbagai organ dalam kurun waktu tersebut.

Baca juga: Puasa Bisa Menurunkan Berat Badan?

Penelitian yang dipublikasikan di Nature Metabolism ini meningkatkan pemahaman tentang apa yang terjadi di seluruh tubuh setelah beberapa saat tidak makan.

Hasil penelitian

Mengutip Medicalxpress, Senin (4/3/2024) selama ribuan tahun, manusia telah mengembangkan kemampuan untuk bertahan hidup tanpa makanan untuk jangka waktu yang lama.

Puasa dilakukan oleh jutaan orang di seluruh dunia untuk tujuan medis dan budaya yang berbeda, termasuk manfaat kesehatan dan penurunan berat badan.

Selat itu sejak zaman kuno, puasa telah digunakan untuk mengobati penyakit seperti epilepsi dan rheumatoid arthritis.

Selama puasa, tubuh mengubah sumber dan jenis energinya, beralih dari kalori yang dikonsumsi ke penggunaan simpanan lemaknya sendiri.

Namun, selain perubahan sumber bahan bakar ini, hanya sedikit yang diketahui tentang bagaimana respons tubuh jika tidak makan dalam waktu lama dan seperti apa dampak kesehatannya, baik yang menguntungkan maupun yang merugikan.

Teknik baru kemudian memungkinkan para peneliti mengukur ribuan protein yang beredar dalam darah kita dan memberikan kesempatan untuk mempelajari secara sistematis adaptasi molekuler secara rinci pada seseorang yang puasa.

Dalam studi ini peneliti mengikuti 12 sukarelawan sehat yang melakukan puasa tujuh hari dan hanya meminum air saja.