Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2023, 19:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Livestrong

KOMPAS.com - Rasa gatal bisa terjadi di mana saja, di kepala, jari kaki, dan bahkan ketiak. Namun bagaimana jika sensasi gatal itu terjadi di pusar?

Pusar yang gatal dapat disebabkan oleh beberapa hal, namun kebanyakan masalah ini bukan masalah besar. Jadi apa saja penyebab gatal pada pusar.

Alasan dan penyebab pusar gatal

Ada beberapa alasan mengapa pusar kita terasa gatal, yang dikutip dari Live Strong, Selasa (17/10/2023).

Dermatitis kontak adalah ruam merah dan gatal yang timbul setelah kulit terkena bahan iritan.

Iritan dapat berupa sabun baru, deterjen, produk perawatan pribadi, atau tanaman. Namun, jika menyangkut pusar yang gatal, bahan pengiritasi yang paling umum adalah nikel.

"Kancing celana biasanya terbuat dari nikel, dan dapat menimbulkan ruam jika menyentuh kulit,” kata Jennifer Gordon, MD, dokter kulit bersertifikat di Westlake Dermatology di Austin, Texas.

Baca juga: Mengapa Tahi Lalat Terasa Gatal?

Iritasi juga dapat terjadi di atas atau di bawah pusar dan di mana pun kancing celana (atau bahkan gesper ikat pinggang) paling sering berada.

  • Mengidap eksim

Eksim merupakan suatu kondisi kulit yang menyebabkan bercak merah, gatal, dan bengkak. Ini paling sering menyerang lengan dan kaki tetapi juga bisa memengaruhi pusar seseorang.

“Eksim di area ini bisa disebabkan oleh iritasi pada kulit akibat seringnya digosok atau digesek,” kata Marisa Garshick, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Cornell-New York Presbyterian Medical Center.

Orang yang terkena eksim di pusar biasanya sudah mengalami kondisi kulit tersebut. Sebagian besar kasus eksim muncul pada anak usia dini, karena faktor genetik atau lingkungan, menurut National Eczema Association.

  • Mengalami Gigitan Serangga

Seberapa besar kemungkinan nyamuk atau serangga lain masuk ke pusar Anda? Mungkin tidak terlalu tinggi.

Namun jika Anda memiliki benjolan kemerahan dan bengkak di dalam pusar yang sangat gatal, kemungkinan besar itulah yang terjadi.

Baca juga: Mengapa Hidung Terasa Gatal?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com