Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2023, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Buah kesemek tidak hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga dikemas dengan nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa cara.

Buah kesemek kaya akan antioksidan dan nutrisi penting, seperti serat dan vitamin A. Kesemek juga dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan potensial.

Manfaat kesemek untuk kesehatan

Dilansir dari Healthline, berikut adalah beberapa manfaat buah kesemek untuk kesehatan.

1. Mengandung antioksidan yang kuat

Kesemek mengandung senyawa tanaman bermanfaat yang memiliki kualitas antioksidan tinggi.

Baca juga: 3 Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan, seperti kesemek, dapat membantu melawan stres oksidatif dan dapat menurunkan risiko penyakit kronis tertentu.

Makanan tinggi flavonoid, yang merupakan antioksidan kuat yang ditemukan dalam konsentrasi tinggi di kulit dan daging buah kesemek, telah dikaitkan dengan penurunan tingkat penyakit jantung, penurunan mental terkait usia, dan kanker paru-paru.

Kesemek juga kaya antioksidan karotenoid, seperti beta-karoten, pigmen yang ditemukan di banyak buah dan sayuran berwarna cerah.

Menurut tinjauan studi tahun 2016, penelitian telah mengaitkan makanan tinggi beta-karoten dengan risiko penyakit jantung, kanker paru-paru, kanker kolorektal, dan penyakit metabolik yang lebih rendah.

Baca juga: 4 Manfaat Buah Lengkeng untuk Kesehatan

2. Berpotensi bermanfaat bagi kesehatan jantung

Kombinasi kuat antar nutrisi yang ditemukan dalam buah kesemek menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Kesemek mengandung antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol. Mengonsumsi makanan tinggi flavonoid telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dalam beberapa penelitian.

Misalnya, studi tahun 2012 yang melibatkan lebih dari 98.000 orang menemukan bahwa orang dengan asupan flavonoid tertinggi memiliki risiko kematian 18% lebih rendah akibat masalah yang berhubungan dengan jantung, dibandingkan dengan odang dengan asupan flavonoid yang rendah.

Makanan tinggi makanan kaya flavonoid dapat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat, dan mengurangi peradangan.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

3. Dapat membantu mengurangi peradangan

Kondisi seperti penyakit jantung, radang sendi, diabetes, kanker, dan obesitas semuanya terkait dengan peradangan kronis.

Memilih makanan yang tinggi senyawa anti-inflamasi dapat membantu mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit.

Kesemek adalah sumber yang sangat baik untuk antioksidan kuat, termasuk vitamin C. Faktanya, satu buah kesemek mengandung 14% dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com