Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Minyak yang Paling Sehat untuk Menggoreng?

Kompas.com - 18/06/2023, 11:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Seberapa sehat minyak saat dimasak bergantung pada reaksinya saat dipanaskan. Umumnya, minyak zaitun, minyak alpukat, dan minyak canola adalah minyak yang sehat untuk memasak.

Minyak mulai berasap setelah mencapai titik asapnya. Setelah melewati titik asap, minyak melepaskan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

Minyak dengan titik asap tinggi bisa jadi lebih stabil dan lebih sehat untuk memasak daripada minyak dengan titik asap rendah. 

Stabilitas minyak ini bergantung pada seberapa padat asam lemak di dalamnya. Jika semakin padat, minyak semakin sulit pecah saat dipanaskan.

Baca juga: Apa Manfaat Minyak Goreng?

Apa minyak paling sehat untuk menggoreng?

Dilansir dari Healthline, minyak kelapa mungkin merupakan pilihan yang baik untuk menggoreng. Penelitian menunjukkan bahwa bahkan setelah 8 jam penggorengan terus menerus pada 180°C, kualitasnya minyak kelapa masih cukup baik.

Terdapat lebih dari 90% asam lemak dalam minyak kelapa jenuh, yang membuatnya tahan terhadap panas.

Meski demikian, para ahli merekomendasikan batasan asupan lemak jenuh hingga 5–6% dari total kalori harian.

Mengutip Medical News Today, penelitian mengatakan bahwa minyak kelapa meningkatkan kolesterol baik dan kolesterol jahat lebih banyak daripada minyak tak jenuh, tetapi lebih sedikit daripada mentega.

Baca juga: Lebih Sehat Mana Minyak Sawit atau Kelapa?

Studi yang sama menunjukkan bahwa minyak kelapa mungkin tidak cocok untuk metode memasak deep frying karena titik asapnya yang rendah. Namun, minyak kelapa mungkin lebih baik untuk menggoreng biasa.

Saat memilih minyak kelapa untuk memasak, perlu diingat bahwa beberapa varietas dapat meninggalkan rasa atau aroma yang kurang sedap. Oleh sebab itu, cobalah beberapa merek sampai menemukan yang paling cocok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com