Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mudah Bikin Minyak Goreng dari Kelapa dan Ragi Tempe di Rumah

Kompas.com - 14/02/2022, 18:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit sejak Januari 2022 ini menuai polemik, karena harganya yang terlampau tinggi jauh daripada biasanya.

Ketersediaan minyak goreng kelapa sawit cukup langka dan memicu kenaikan harga di pasaran bisa mencapai Rp 24.000 per liternya.

Mengatasi polemik ini, per 1 Februari 2022, pemerintah secara resmi menetapkan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng, dengan klasifikasi yang berbeda-beda, minyak curah dipatok Rp 11.500 per liter, untuk kemasan sederhana dipatok Rp 13.500 per liter, dan untuk kemasan premium dihargai Rp 14.000 per liter.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Menurut Sains

Diperkirakan polemik persoalan minyak goreng ini masih terus terjadi jika hanya mengandalkan pemanfaatan produk minyak goreng dari kelapa sawit.

Untuk itu, peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan bahwa selain kelapa sawit, sebenarnya alternatif yang baik untuk minyak goreng adalah minyak dari kelapa.

Pelaksana Tugas Deputi Fasilitas Riset dan Inovasi BRIN, Agus Haryono mengatakan, sebenarnya penggunaan minyak kelapa sebagai sumber utama minyak goreng sudah dilakukan sejak zaman dahulu.

"Proses pembuatannya juga lebih mudah, di BRIN kita membuat virgin coconut oil (VCO) dengan menambahkan ragi tempe, sehingga terjadi fermentasi secara alami. Selain VCO, proses tersebut juga menghasilkan minyak goreng," jelas Agus dikutip Kompas.com di laman resmi BRIN edisi 3 Februari 2022.

Proses pembuatan minyak kelapa dengan ragi tempe

Peneliti Pusat Riset Kimia BRIN, Teuku Beuna Bardant mengatakan, para peneliti di Puspitek BRIN dalam proses pembuatan minyak kelapa goreng ini, menggunakan metode bantuan ragi tempe.

Adapun cara atau langkah-langkah dalam pembuatan minyak kelapa goreng dengan ragi tempe yakni sebagai berikut.

1. Buat santan kelapa

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan, yaitu membuat atau mengambil santan dari buah kelapa yang akan dibikin menjadi minyak kelapanya.

Cara membuat santan kelapa ini seperti yang biasa dilakukan banyak orang, yaitu daging buah kelapa diparut, ditambahkan air dan diperas, kemudian disaring untuk mendapatkan saripati air santan yang diharapkan.

Beuna menjelaskan, pada prinsipnya, di dalam santan itu terdapat minyak dengan air.

Keduanya merupakan dua bahan yang tidak bisa dicampur. Meskipun, minyak dan air bisa bercampur dalam santan kelapa. Hal itu karena adanya protein kelapa di dalamnya.

Dengan begitu, apabila protein kelapa dirusak, maka minyak dan air dalam santan akan terpisah dengan sendirinya.

2. Tambahkan ragi tempze

Bila air santan kelapa Anda telah siap, untuk membuatnya menjadi minyak kelapa, Anda harus menambahkannya dengan ragi tempe.

"Penambahan ragi tempe pada santan akan membuat protein kelapa dimakan oleh ragi. Saat jumlah proteinnya berkurang, fungsinya untuk menjaga kestabilan campuran minyak dan air menurun, maka tidak ada lagi yang memegang molekul minyak dan air. Sehingga keduanya akan terpisah dengan sendirinya," jelas Beuna.

Baca juga: 6 Bahan Alami Terbaik untuk Kulit, Pegagan hingga Minyak Kelapa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com