Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2023, 17:07 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengigau atau berbicara saat tidur bukanlah kondisi medis yang serius.

Namun untuk beberapa kasus ekstrem, mengigau bisa terjadi setiap malam, gangguan tidur itu pun dapat mengganggu orang lain atau kualitas tidur seseorang.

Sebagai informasi tingkat keparahan seseorang ditilik dari seberapa intens mereka mengingau seringkali dibagi dalam tiga level, ringan, sedang, dan parah.

  • Ringan: Mengigau saat tidur terjadi kurang dari sebulan sekali
  • Sedang: Mengigau saat tidur terjadi seminggu sekali tetapi tidak setiap malam. Mengigau juga tidak banyak menganggu tidur orang lain.
  • Parah: Mengigau terjadi setiap malam dan dapat mengganggu tidur orang lain.

Selain berlangsung setiap hari, mengigau yang dianggap mengganggu misalnya saja melibatkan rasa takut atau bahkan teriakan.

Mengatasi tidur mengigau

Dilansir dari WebMD, Senin (15/5/2023) jika kondisi itu dirasa mengganggu akan lebih baik untuk menemui spesialis tidur untuk mendapatkan saran terbaik.

Baca juga: Bagaimana Gangguan Tidur Bisa Menyebabkan Stroke?

Tidak ada tes yang diperlukan untuk mendiagnosis mengigau saat tidur. Akan tetapi dokter mungkin akan meminta tes berupa rekaman tidur untuk mengidentifikasi dan melacak pola tidur seseorang.

Beberapa hal yang ditanyakan mencakup sebagai berikut.

  • Berapa lama Anda tidur
  • Kapan Anda tidur dan bangun
  • Apa yang menganggu tidur Anda
  • Faktor-faktor yang memengaruhi tidur

Informasi tersebut dapat membantu ahli mengidentifikasi penyebab mengigau saat tidur dan memberikan saran terbaik untuk membantu meringankan kondisi Anda. Sementara belum ada belum ada pengobatan yang spesifik digunakan untuk mengigau.

Akan tetapi selain menemui ahli, dikutip Healthline, beberapa cara juga bisa dicoba untuk mengatasi kondisi mengigau. Misalnya saja, tidur di tempat tidur atau kamar yang berbeda atau meminta pasangan untuk memakai penyumbat telinga.

Tak kalah penting adalah perubahan gaya hidup yang dapat memicu mengigau bisa membantu mengontrol perilaku tersebut.

Beberapa yang bisa dilakukan untuk menghindari mengigau saat tidur antara lain menghindari minum alkohol, menghindari makanan berat mendekati waktu tidur, dan mengatur jadwal tidur yang sesuai.

Baca juga: Bagaimana Cara Paus Tidur?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com