Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Ikan Wader Bisa Berpotensi Terancam Punah?

Kompas.com - 15/05/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber UGM


KOMPAS.com - Ikan wader merupakan salah satu ikan air tawar yang bisa ditemui di perairan Indonesia, namun kini keberadaannya kian memprihatinkan.

Ikan wader (Rasbora lateristriata) di alam, berpotensi terancam punah, Bahkan statusnya bisa meningkat menjadi kritis, jika habitat ikan wader mengalami penurunan kualitas yang sangat drastis.

Dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), Sabtu (13/5/20232) ancaman keberadaan ikan wader ini, menurut Guru Besar Ilmu Manajemen Sumberdaya Perikanan Fakultas Pertanian UGM Djumanto, dipengaruhi oleh beberapa hal.

Ancaman ikan wader

Pakar menilai bahwa ada banyak faktor yang dapat menyebabkan ikan wader sebagai spesies terancam punah.

Djumanto mengungkapkan salah satu faktor yang mengancam ikan air tawar tersebut adalah penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan seperti kejut listrik.

Selain itu, ada peran perilaku orang yang kurang bertanggung jawab, seperti melepaskan spesies ikan invasif yang bisa menjadi kompetitor atau predator ikan wader.

 

"Spesies ikan wader yang berstatus rentan bisa menjadi kritis saat kualitas habitat ikan mengalami penurunan yang drastis, sehingga tidak cocok untuk berkembang biak. Demikan pula, ikan yang status risiko rendah bisa menjadi rentan jika tingkat penangkapan dan gangguan antropogenik lainnya sangat tinggi," terang Djumanto.

Perlindungan dan pelestarian ikan wader

Untuk itu perlu perlindungan supaya spesies ini tetap lestari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu pemanfaat ikan terkendali, pembuatan reservat, penebaran, pengendalian ikan invasif, domestikasi ikan asli, dan modifikasi habitat pemijahan.

Terkait modifikasi pemijahan, Djumanto menjelaskan sebagian besar ikan memijah berteparan saat musim hujan ketika terdapat ketersediaan air yang melimpah dengan kualitas baik.

Tak lupa, ia juga mengingatkan pentingnya untuk meningkatkan keanekaragaman sumber daya ikan perairan darat.

Upaya menjaga keanekaragaman ikan wader yang merupakan ikan asli Indonesia ini pun juga bisa dilakukan dengan melibatkan kelompok masyarakat.

Baca juga: Bagaimana Ikan Arapaima Berkembang Biak?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com