Kompas.com - 14/05/2023, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Air ada di semua tubuh makhluk hidup, baik yang hidup di dasar lautan atau gurun terkering.

Keberadaan air memungkinkan kehidupan di Bumi seperti saat ini. Oleh sebab itu, ahli astrobiologi (ilmuwan yang mencari kehidupan di planet lain) berpikir bahwa cara terbaik kita untuk menemukan kehidupan adalah dengan mencari air.

Merangkum Climate Kids NASA dan Discover Magazine, berikut adalah sejumlah fakta-fakta menarik tentang air yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Ada banyak kehidupan dalam satu tetes air

Ada banyak hal yang bisa ditemukan dalam setetes air laut. Kemungkinan besar, ada jutaan bakteri dan virus di dalamnya.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Saturnus, Planet Bercincin di Tata Surya

Selain itu, dalam setetes air laut bisa juga ada telur ikan, bayi kepiting, plankton, atau bahkan cacing kecil.

2. Ada 326 juta triliun galon air di Bumi

Diperkirakan ada 326 juta triliun galon air di Bumi. Sekitar 98 persennya berasal dari lautan dan tidak dapat diminum karena kandungan garamnya.

Ini berarti, kurang dari 3 persen air di Bumi adalah air segar, yang dapat ditemukan di lapisan es, gletser, sumur, akuifer, sungai, dan danau.

3. Siklus air berusia 3,8 miliar tahun

Dalam istilah yang paling sederhana, siklus air bumi adalah proses tanpa akhir yang menghubungkan air dalam semua bentuknya yang berbeda.

Pada tahun 1580, Bernard Palissy mengembangkan teori siklus air. Ia percaya bahwa jumlah air di Bumi selalu sama, meskipun dalam gerakan konstan, dan bahwa molekul air yang sama dari miliaran tahun yang lalu terus didaur ulang.