Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia, Kok Bisa?

Kompas.com - 17/04/2023, 08:00 WIB
The Conversation,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Oleh: Danny Dorling

FINLANDIA telah menjadi negara paling bahagia di dunia selama enam tahun terakhir, menurut survei global yang berjudul World Happiness Survey. Survei ini mengacu pada sebuah petanyaan evaluasi tangga kehidupan Cantril :

Baca juga: Apakah Punya Banyak Uang Bisa Bikin Lebih Bahagia?

Bayangkanlah sebuah tangga dengan anak tangga yang diberi nomor dari nol di bagian bawah hingga 10 di bagian atas. Bagian atas tangga mewakili kehidupan terbaik bagi kamu dan bagian bawah tangga mewakili kehidupan terburuk bagi kamu. Di anak tangga mana yang menurut kamu secara pribadi kamu merasa berada saat ini?

Finlandia berada di urutan teratas, diikuti oleh Denmark dan Islandia.

Alasan mengapa orang Finlandia lebih bahagia dibandingkan negara lain adalah karena sejumlah faktor termasuk ketimpangan pendapatan yang lebih rendah ( terutama perbedaan antara gaji tertinggi dan terendah), dukungan sosial yang tinggi, kebebasan untuk mengambil keputusan, dan tingkat korupsi yang rendah.

Grafik di bawah ini menunjukkan semua 44 wilayah yang memiliki data kebahagiaan dan data ketimpangan pendapatan, masing-masing dalam bentuk titik berwarna.

Skala vertikal menunjukkan rata-rata kebahagiaan, sedangkan skala horizontal menunjukkan ketimpangan pendapatan.

Tingkat rata-rata kebahagiaan dan ketidaksetaraan menurut negara

Tingkat rata-rata kebahagiaan dan ketidaksetaraan menurut negara Tingkat rata-rata kebahagiaan dan ketidaksetaraan menurut negara

Ukuran ketimpangan pendapatan yang digunakan di sini adalah koefisien Gini terkait ketimpangan pendapatan, seperti yang dilaporkan oleh OECD.

Koefisien Gini adalah angka tertinggi yang tercatat di setiap wilayah pada setiap tahun setelah 2010 hingga tahun terakhir yang datanya tersedia.

Baca juga: Benarkah Cokelat Bisa Membuat Kita Bahagia?

 

Grafik ini menunjukkan hubungan yang erat antara kedua ukuran ini. Secara umum, ketika ketimpangan pendapatan lebih besar, uang menjadi lebih penting dan orang-orang menjadi kurang bahagia.

Finlandia juga memiliki atribut lain yang dapat membantu orang merasa lebih bahagia. Finlandia memiliki sistem perawatan kesehatan yang didanai oleh pemerintah dan hanya memiliki sedikit sektor kesehatan swasta.

Hal ini jauh lebih efektif dan efisien daripada beberapa alternatif yang digunakan di negara lain. Transportasi umum dapat diandalkan dan terjangkau, serta bandara Helsinki menjadi salah satu bandara dengan peringkat terbaik di Eropa utara.

Ada sebuah pepatah Finlandia yang tampaknya relevan di sini: Onnellisuus on se paikka puuttuvaisuuden ja yltäkylläisyyden välillä (Kebahagiaan adalah titik di antara terlalu sedikit dan terlalu banyak).

Bagaimana Finlandia melakukan perbandingan

Finlandia, Norwegia, dan Hongaria melaporkan tingkat ketimpangan pendapatan yang serupa, namun orang-orang di Finlandia rata-rata lebih bahagia. Mengapa demikian?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com