Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2023, 08:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters


KOMPAS.com - Para ilmuwan di Inggris berencana memperluas pengurutan genom virus corona penyebab Covid-19 ke virus flu.

Pengurutan genom, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (10/1/2023), memungkinkan dunia melacak varian virus corona baru selama pandemi ini.

Sekarang ini, para peneliti di Inggris berencana untuk menggunakannya. Tujuannya, untuk lebih memahami sejumlah patogen pernapasan lainnya, dari influenza hingga virus pernapasan syncytial (RSV).

Studi pengurutan genom ini., menurut tim di Wellcome Sanger Institute, yang bekerja dengan Badan Keamanan Kesehatan Inggris, dilakukan untuk menjelaskan lebih lanjut tentang ancaman yang diketahui dan berpotensi muncul.

Baca juga: Pengurutan Genom Mutasi Virus Corona Baru CDC Tak Capai Target

Menurut Ewan Horrison, kepala baru Respiratory Virus and Microbiome Initiative, dunia tidak pernah memiliki akses ke jenis informasi real-time untuk virus ini yang diperoleh para ilmuwan terkait virus SARS-CoV-2 melalui pengurutan jutaan genom.

Hal itu termasuk rincian data tentang bagaimana virus-virus ini menularkan, serta bagaimana virus corona penyebab Covid-19 tersebut berevolusi dalam menghadapi respons kekebalan manusia.

"Kami berharap dengan memperluas kemampuan kami untuk mengurutkan (genom) virus ini secara rutin, kami dapat mengembangkan pekerjaan yang sedang berlangsung pada Covid, dan semoga meningkatkan upaya penelitian untuk memahami penularan virus ini, tetapi juga untuk membantu mengembangkan perawatan dan vaksin baru," kata Harrison.

Baca juga: Teknologi Pengurutan Genom Ilmuwan Australia, Melacak Covid-19 Lebih Cepat

Halaman:
Sumber Reuters


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com