Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Petir? Fenomena yang Muncul Saat Hujan Deras

Kompas.com - 18/10/2022, 13:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Sebagian wilayah di Indonesia mulai dilanda hujan deras. Tak jarang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat yang dapat disertai petir.

Lantas, fenomena apa itu petir yang sering terjadi saat hujan deras?

Seperti dikutip dari situs resmi BMKG, Selasa (18/10/2022), petir adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan.

Fenomena alam ini biasanya muncul di langit dengan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan, beberapa di antaranya juga sesekali disertai dengan suara gemuruh yang menggelegar.

Proses terjadinya petir seringkali terjadi saat hujan turun dengan intensitas deras atau lebat.

Ada beberapa definisi petir yang bisa menjelaskan tentang fenomena yang sering terjadi saat hujan. Petir juga merupakan fenomena alam berupa pelepasan muatan elektrostatis yang berasal dari badai guntur.

Definisi petir lainnya, yakni pelepasan muatan elektrostatis tersebut disertai dengan pancaran cahaya dan radiasi elektromagnetik lainnya.

Baca juga: Apa Manfaat Petir untuk Kehidupan?

Selain itu, petir adalah fenomena yang sering terjadi saat hujan deras, yang menunjukkan adanya arus listrik yang melewati saluran pelepasan muatan dengan cepat yang kemudian memanaskan udara dan berkembang sebagai plasma yang menimbulkan gelombang bunyi uyang bergetar di atmosfer.

Definisi lain, seperti dilansir dari National Geographic, petir adalah pelepasan listrik yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara awan badai dan tanah, atau di dalam awan itu sendiri, namun sebagian besar petir terjadi di dalam awan.

Saat badai terjadi, partikel hujan, es atau salju yang bertabrakan di dalam awan badai akan meningkatkan ketidakseimbangan antara awan badai dan tanah.

Bahkan, seringkali secara negatif mengisi bagian bawah awan badai. Oleh karenanya, benda-benda di tanah, seperti menara, pohon dan Bumi itu sendiri, menjadi bermuatan positif.

Pada akhirnya, ketidakseimbangan ini tercipta yang kemudian mencoba diperbaiki oleh alam dengan melewatkan arus listrik di antara kedua muatan tersebut.

Petir adalah sesuatu yang sangat panas, sebab, kilatannya dapat memanaskan udara di sekitarnya hingga suhu mencapai lima kali lebih panas dari permukaan matahari.

Panas dari petir ini yang kemudian menyebabkan udara di sekitarnya mengembang dan bergetar dengan cepat, yang menciptakan guntur yang menggelegar, yang biasanya akan terdengar sesaat setelah kita melihat kilatan petir di saat hujan deras turun.

Baca juga: Apakah Ada Petir di Luar Angkasa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com