Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2022, 18:02 WIB
Nadia Faradiba,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah melihat video hewan yang sedang tidur kemudian bergerak-gerak seperti sedang bermimpi. Hal ini menjadi menarik untuk dibahas menurut sains, apakah hewan bermimpi atau tidak?

Apa hewan bermimpi?

Jawabannya, iya, hewan juga bermimpi. Hal ini telah diketahui sejak tahun 1950-an. Studi tersebut telah menemukan bahwa hewan juga bermimpi seperti manusia.

Buktinya gelombang otak hewan yang menunjukkan pola yang sama dengan manusia ketika tidur.

Fakta bahwa hewan juga bermimpi ditemukan bersama dengan penemuan Rapid Eye Movement (REM) yang ditemukan pada tahun 1953. REM adalah salah satu tahapan tidur yang diyakini menjadi tahap seseorang mengalami mimpi.

Pada fase ini, tidak banyak gerakan motorik yang bisa dilakukan, namun otak menjadi sangat aktif dengan berbagai kegiatan elektrik.

Studi dilakukan pada berbagai jenis hewan untuk mengetahui apakah hewan juga bermimpi seperti manusia. Peneliti melakukan tes pada mamalia, reptil, dan burung. Hasilnya, semua hewan juga bermimpi.

Baca juga: Kuda Nil Hewan Darat Terbesar Kedua di Dunia, Apa Saja Ciri-cirinya?

Apa yang dimimpikan oleh hewan?

Mungkin Anda menyadari jika memiliki hewan peliharaan di rumah. Saat mereka tidur, terkadang mereka bergerak secara tiba-tiba atau bahkan mengeluarkan suara seolah mengalami sesuatu. Penasaran apa yang terjadi di dalam mimpi hewan?

Mengetahui hal apa yang terjadi dalam mimpi hewan adalah hal yang baru. Menurut studi terbaru yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT), mimpi hewan adalah hal yang jauh lebih kompleks.

Peneliti dari MIT mengatakan bahwa mimpi hewan lebih mengacu pada ingatan mengenai apa yang mereka alami sebelumnya. Uniknya, ingatan tersebut bisa mencapai ingatan dari fase waktu yang lebih lama.

Oleh sebab itu, mimpi pada hewan bisa dikatakan lebih rumit. Melansir University of Chicago, mimpi hewan tidak bisa benar-benar disebut “mimpi”.

Walaupun hewan mengalami pola gelombang otak yang sama, namun mereka tidak memiliki aspek psikologis yang dikaitkan dengan imajinasi. Hal ini membuat perbedaan besar antara hewan dan manusia dalam bermimpi.

Baca juga: Hewan Apa yang Dapat Bertahan Terhadap Perubahan Iklim?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com