Kompas.com - 07/09/2022, 19:02 WIB


KOMPAS.com- Peneliti rekonstruksi virtual wanita Zaman Batu yang hidup sekitar 5.700 tahun lalu di tempat yang sekarang disebut Malaysia.

Sebelumnya, tim arkeolog dari Universiti Sains Malaysia (USM) menemukan kerangka wanita yang dijuluki sebagai 'wanita Penang', selama penggalian tahun 2017 di Guar Kepah, situs Neolitik yang terletak di Penang, barat laut Malaysia.

Kerangka wanita itu merupakan salah satu dari 41 kerangka yang digali dari situs selama beberapa penggalian.

Dikutip dari Live Science, Rabu (7/9/2022) penanggalan radiokarbon dari cangkang yang ditemukan tersebar di sekitar kerangka wanita itu mengungkapkan bahwa ia hidup selama masa Neolitik atau Zaman Batu baru yang dari 8.000 hingga 3.300 SM.

Peneliti kemudian bekerja sama dengan Cicero Moraes yang merupakan ahli grafis Brasil untuk membuat perkiraan wajah dari wanita tersebut.

Baca juga: Praktik Pemakaman Wanita di Perahu Dilakukan 1.000 Tahun Lalu, Seperti Apa?

Mereka menggunakan pemindaian CT dari tengkorak wanita Zaman Batu itu, serta citra 3D orang Malaysia modern.

Perkiraan wajah wanita yang diyakini meninggal di usia 40 tahun juga berdasarkan pada keausan gigi serta penutupan jahitan kranial.

Moraes juga menggunakan apa yang dia sebut metode perkiraan wajah forensik yang melibatkan pengukuran tengkorak dan menggunakan database untuk menemukan individu dengan karakteristik wajah serupa.

Setelah proses digitalisasi tengkorak, Moraes menempatkan serangkaian penanda di sepanjang permukaan virtual tengkorak.

Dan dengan semua data tersebut, mereka akhirnya memiliki gagasan tentang seperti apa wajah wanita Zaman Batu dari Malaysia itu.

Baca juga: Seorang Wanita di China Tularkan Virus Corona tanpa Gejala, Kok Bisa?

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.