Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Apa yang Dapat Bertahan Terhadap Perubahan Iklim?

Kompas.com - 23/08/2022, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com- Cuaca ekstrem seperti kekeringan berkepanjangan dan hujan lebat menjadi semakin umum seiring dengan meningkatkan suhu rata-rata global. Namun, hewan apakah yang dapat bertahan dari perubahan iklim ini?

Kondisi itu juga akan bertambah buruk dalam beberapa dekade mendatang.

Lantas, hewan apa yang dapat bertahan terhadap perubahan iklim yang semakin memburuk ini?

Peneliti pun mencoba mencari tahu, bagaimana ekosistem planet ini akan merespon dan seberapa mampu makhluk Bumi dapat menghadapi perubahan iklim.

"Itu adalah pertanyaan besar dan latar belakang penelitian kami," ungkap John Jackson, ahli biologi dalam studi baru yang dipublikasikan di eLife.

Dikutip dari Phys, Senin (22/8/2022) dalam studi ini peneliti menganalisis data fluktuasi populasi dari 157 spesies mamalia dari seluruh dunia dan membandingkannya dengan data cuaca dan iklim sejak data hewan dikumpulkan.

Baca juga: Efek Perubahan Iklim pada 5 Hewan, dari Beruang Kutub sampai Burung Amazon

Analisis ini memberikan wawasan tentang bagaimana populasi spesies hewan mengatasi atau menghadapi cuaca ekstrem akibat dampak perubahan iklim yang semakin memburuk ini. 

Peneliti melihat pola yang jelas. Hewan yang hidup lama dan memiliki sedikit keturunan kurang terpengaruh cuaca ekstrem melanda dibandingkan hewan yang hidup dalam waktu singkat serta memiliki banyak keturunan.

Beberapa contoh hewan yang kurang terpengaruh oleh cuaca ekstrem adalah gajah Afrika, Harimau Siberia, simpanse, kelelawar tapal kuda, badak putih, beruang grizzly.

Sementara itu hewan yang lebih terpengaruh oleh cuaca ekstrem di antaranya tikus rumput Azara, rubah Arktik, cerpelai, tupai tanah Arktik.

Menurut peneliti hewan besar yang berumur panjang lebih mampu mengatasi kondisi seperti kekeringan berkepanjangan.

Kemampuan hewan-hewan besar untuk bertahan hidup dari perubahan iklim, bereproduksi dan membesarkan anak tak terpengaruh pada tingkat yang sama seperti hewan kecil yang berumur pendek.

Baca juga: Perubahan Iklim Bikin Fisik Hewan Berubah, Kok Bisa?

Halaman:
Sumber PHYSORG


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com