Hewan Apa yang Dapat Bertahan Terhadap Perubahan Iklim?

Kompas.com - 23/08/2022, 19:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com- Cuaca ekstrem seperti kekeringan berkepanjangan dan hujan lebat menjadi semakin umum seiring dengan meningkatkan suhu rata-rata global. Namun, hewan apakah yang dapat bertahan dari perubahan iklim ini?

Kondisi itu juga akan bertambah buruk dalam beberapa dekade mendatang.

Lantas, hewan apa yang dapat bertahan terhadap perubahan iklim yang semakin memburuk ini?

Peneliti pun mencoba mencari tahu, bagaimana ekosistem planet ini akan merespon dan seberapa mampu makhluk Bumi dapat menghadapi perubahan iklim.

"Itu adalah pertanyaan besar dan latar belakang penelitian kami," ungkap John Jackson, ahli biologi dalam studi baru yang dipublikasikan di eLife.

Dikutip dari Phys, Senin (22/8/2022) dalam studi ini peneliti menganalisis data fluktuasi populasi dari 157 spesies mamalia dari seluruh dunia dan membandingkannya dengan data cuaca dan iklim sejak data hewan dikumpulkan.