Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2022, 13:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian besar iguana adalah herbivora dan hanya makan tumbuh-tumbuhan seperti kuncup bunga, buah-buahan, dan daun muda.

Iguana laut akan mendapatkan makanannya dengan mengikis ganggang dari bebatuan di laut atau dengan mengunyah rumput laut.

Namun demikian, ada beberapa spesies iguana yang merupakan omnivora. Makanan iguana omnivora adalah jangkrik, bayi tikus, dan juga tumbuh-tumbuhan.

Baca juga: Ciri-ciri Iguana dan Jenisnya

Makanan iguana herbivora

Kebanyakan iguana herbivora, seperti iguana hijau, iguana biru, dan iguana batu tidak terlalu pilih-pilih tanaman untuk dimakan.

Karena sebagian besar spesies iguana hidup di sebagian besar daerah tropis dan subtropic, di mana kehidupan tanaman berlimpah, mereka memiliki berbagai macam makanan untuk dipilih.

Namun, ada beberapa makanan favorit mereka yang secara aktif mereka cari di alam liar meliputi:

1. Bunga seperti kembang sepatu, mawar, dan anggrek
2. Tanaman merambat berdaun seperti tanaman anggur putri dan tanaman anggur balon
3. Tanaman merambat berbunga seperti bugenvil
4. Buah-buahan tropis seperti melon, mangga, dan pepaya
5. Tanaman payung
6. Daun berbagai palem kipas
7. Sayuran hijau gelap dan berdaun
8. Sayuran seperti labu dan tomat
9. Berbagai buah kecil dan jenis bunga lainnya

 

Makanan iguana omnivora

Spesies iguana omnivora akan memakan tumbuhan atau hewan apa pun yang cukup kecil untuk masuk ke mulut mereka tanpa kesulitan.

Karena kebanyakan iguana omnivora adalah kadal yang cukup besar, mereka memiliki berbagai makanan favorit, seperti:

1. Serangga berukuran kecil hingga sedang seperti kumbang, kecoak, dan ulat
2. Arachnida darat dan air, termasuk laba-laba, kepiting, dan bahkan kalajengking
3. Burung kecil, kadal, dan telur penyu
4. Kadal lain seperti tokek kecil
5. Burung tukik, kadal, dan kura-kura
6. Ikan kecil dan telur ikan

Selain hewan-hewan tersebut, iguana omnivora juga menikmati banyak makanan favorit yang sama dengan iguana herbivora. Makanan ini termasuk berbagai bunga, buah-buahan, dan tanaman berdaun lainnya.

Baca juga: 5 Perbedaan Iguana dan Bunglon

Makanan iguana peliharaan

Iguana adalah jenis reptil yang menantang untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan, karena sebagian besar spesies iguana berukuran besar, sehingga membutuhkan makanan dalam jumlah besar setiap hari, baik itu sayuran segar dan buah-buahan, seperti lobak, labu, wortel, kembang sepatu, bunga mawar, melon atau mangga.

Sementara jika memelihara spesies iguana omnivora, mereka juga harus makan banyak protein serangga seperti jangkrik, belalang, atau burung puyuh, agar tetap sehat dan bahagia.

Selain itu, ada baiknya iguana juga diberikan suplemen kalsium dan vitamin D untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Iguana.Pixabay/ EDOFS1 Iguana.

Makanan yang tidak boleh diberikan pada iguana

Untuk iguana herbivora seperti iguana hijau, semua bentuk protein hewani harus dihindari. Ini berarti mereka tidak bisa makan telur, serangga, atau arakhnida. Ini karena, saluran pencernaan mereka tidak dapat memecah materi hewani.

Tanaman dengan kandungan tinggi oksalat juga dapat beracun bagi iguna, karena akan mengganggu penyerapan kalsium dan nutrisi penting lainnya pada iguana herbivora dan omnivora.

Sebagian besar buah-buahan agak tinggi oksalat. Karena itu, hanya sekitar 15% dari makanan iguana yang harus terdiri dari buah. Sayuran tertentu seperti bayam dan bit juga mengandung oksalat tinggi yang berbahaya.

Selain itu tentu saja semua makanan manusia yang tinggi lemak, gula, atau karbohidrat harus dihindari, bahkan dalam jumlah kecil.

Hal tersebut karena saluran pencernaan dan bakteri usus iguana, tidak dapat memecah atau mengambil manfaat dari makanan itu dengan cara apa pun.

Baca juga: Apakah Iguana Berbahaya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com