Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2022, 16:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Iguana adalah kadal besar, yang panjangnya mencapai 1,5 meter dan beratnya mencapai 8 kilogram. Reptil ini sering jadi pilihan untuk menjadi hewan peliharaan, karena mudah didapat.

Namun, karena iguana dapat tumbuh sangat besar, banyak orang masih bertanya-tanya apakah iguana berbahaya?

Baca juga: Ciri-ciri Iguana dan Jenisnya

Pada dasarnya, saat memelihara hewan apa pun, mereka berpotensi berbahaya bagi manusia, tapi hanya dalam keadaan tertentu. Karena itu, perawatan yang baik sesuai dengan karakter iguana sangat diperlukan.

Sifat iguana tergantung pada individu. Beberapa menjadi sangat jinak ketika dipelihara, namun ada juga yang tetap ‘dingin’ kepada orang-orang.

Mengenal kepribadian iguana Anda, mulai dari bahasa tubuh hingga apa yang mereka suka dan tidak suka akan membantu iguana tetap aman dan tidak berbahaya.

Apakah Iguana Berbahaya?

Gigitan dan serangan iguana sebenarnya jarang terjadi. Sebagian besar spesies iguana tidak terlalu agresif terhadap manusia atau hewan lain, kecuali mereka merasa terancam atau stres.

Selain itu, iguana juga cenderung menampilkan banyak sinyal peringatan sebelum mereka menggigit, seperti kepala terayun-ayun dengan cepat, mencambuk ekor dengan defensif, atau mendesis.

Iguana sebagian besar adalah spesies herbivora atau omnivore, yang tidak tertarik pada mangsa besar.

Ini berarti mereka cenderung menghindari interaksi dengan manusia atau hewan besar lainnya, yang dapat menimbulkan ancaman bagi mereka.

Namun, iguana jantan liar bisa menjadi sedikit teritorial selama musim kawin mereka, di akhir setiap musim panas.

Anda dapat dengan mudah mencegah gigitan iguana, dengan menghindari mendekati mereka (jika mereka liar) atau memegangnya dengan hati-hati (untuk iguana dalam penangkaran atau hewan peliharaan).

Jika Anda harus memegang iguana, dekati mereka dari samping dengan sangat perlahan, sehingga mereka tidak kaget oleh bayangan Anda.

Pegang tubuh dan ekor mereka sepenuhnya dengan satu tangan di bawah perut mereka sementara lengan Anda yang lain menahan mereka.

Baca juga: 5 Perbedaan Iguana dan Bunglon

Jika Anda memelihara iguana, Anda harus mulai bersosialisasi dan memegangnya sedini mungkin sejak iguana berusia muda.

Kebiasaan memegang iguana yang konsisten dan hati-hati, akan mendorong iguana untuk lebih tenang dan jinak di sekitar Anda seiring bertambahnya usia dan tumbuh menjadi ukuran dewasa penuh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com