Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Mata Manusia Punya Bagian Berwarna Putih? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 19/08/2022, 13:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telah diketahui bahwa mata adalah organ penting bagi makhluk hidup, termasuk hewan dan manusia, untuk bisa melihat dan memandang lingkungan sekitar.

Mata mausia memiliki bagian mulai dari beranda depan mata, fovea, kornea, koroid, lensa, otot siliaris, plica semilunaris, pupil, hingga mencapai sklera. Bagian sklera inilah yang membuat bagian pada bola mata kita berwarna putih.

Pertanyaan mengenai kenapa ada bagian berwarna putih pada mata manusia, merupakan salah satu misteri tubuh manusia, yang dapat dijelaskan dengan sains.

Baca juga: Apa yang Menentukan Warna Mata Seseorang?

Faktanya, manusia adalah satu-satunya mamalia dengan bagian putih mata yang terlihat jelas, membuat iris jauh lebih menonjol.

Anda bisa dengan mudah mengetahui ke mana arah seseorang melihat, dan sering kali menebak-nebak apa yang dipikirkan oleh mereka dari tatapannya.

Berbeda dengan binatang, yang memiliki sklera tidak putih sama sekali, melainkan berpigmen. Sehingga membuat iris sulit dibedakan.

Seperti dilansir dari Medical Xpress, Jumat (21/10/2016) manusia tidak memiliki sklera berpigmen. Salah satu alasannya, mungkin karena pada manusia, mata tidak hanya untuk melihat tetapi juga untuk berkomunikasi.

"Primata memiliki sklera berpigmen, jadi hampir tidak ada kontras antara iris dan wajah di sekitarnya, dan meskipun anjing memiliki sklera putih, itu tidak terlihat hampir sepanjang waktu," ujar ahli biologi evolusi di Fakultas BioSciences University of Melbourne, Profesor Mark Elgar.

Anehnya, mata dengan sklera putih jarang ditemukan di antara kera besar lainnya. Ini mungkin, karena spesies mereka ingin menyembunyikan arah pandangan satu sama lain, agar tidak memberikan lokasi makanan.

Dilansir dari laman edukasi.kemdikbud.go.id, Senin (15/8/2022) sklera mata atau selaput keras adalah lapisan luar yang memiliki karakteristik berwarna putih, berserat, tembus cahaya, elastis dan mengandung kolagen.

Baca juga: Apa Penyakit yang Menyebabkan Mata Kuning?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com