Kompas.com - 19/08/2022, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Olahraga sangat penting dilakukan, terlebih saat memasuki usia 40 tahun ke atas. Sebab, otot dan tulang perlu dilatih karena seiring bertambahnya usia terjadi penurunan kekuatan untuk melakukan aktivitas.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Sport Medicine, Injury & Recovery Center Rumah Sakit Pondok Indah – Bintaro Jaya, dr Antonius Andi Kurniawan, Sp.KO, mengungkapkan selain usia berolahraga harus disesuaikan dengan kondisi.

Artinya, jika orang tersebut pernah mengalami cedera lutut atau cedera lainnya perlu dinilai jenis olahraga mana yang sesuai. Dengan demikian, cedera olahraga pun bisa dihindari.

"Jadi masalahnya bukan (hanya) usia, tapi apakah dia sudah sesuai atau tepat dengan kondisi tubuhnya," kata Antonius dalam konferensi pers Opening Sport Medicine, Injury & Recovery Center (SMIRC) dengan tagline ‘We take you back to sport, faster!’ yang digelar di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Selasa (16/8/2022).

"Kita selalu menganjurkan untuk melakukan medical check-up sebelum mereka melakukan marathon (misalnya)," lanjutnya. 

Baca juga: Cara Memilih Jenis Olahraga yang Tepat Agar Terhindar dari Cedera

Setidaknya ada dua kondisi yang mengancam bagi lansia, pertama adalah osteoporosis karena semakin bertambah usia massa tulang akan berkurang.

Kemudian yang kedua adalah sarkopenia yaitu kondisi berkurangnya kekuatan, dan massa otot yang ditandai dengan penurunan kemampuan fisik

Dia berujar, bahwa pada orang usia 40 tahun ke atas atau lansia dibutuhkan latihan terutama kardio supaya tidak terjadi penyakit jantung dan diabetes. 

"Excersice itu penting untuk mencegah terjadinya falling atau jatuh, jadi kalau misalnya untuk lansia penting sekali kita melatih keseimbangan supaya enggak jatuh kalau jatuh, udah osteoporosis akan terjadi retakan tulang," jelas Antonius.

Pada kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Konsultan Sports Injury & Arthroskopi, Sport Medicine, Injury and Recovery Center RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, dr. Andi Nusawarta, M.Kes, Sp.OT (K-Sport), mengatakan bertambahnya usia menandakan semakin pentingnya olahraga.

"Ini harus kita pahami betul, jadi ada orang bilang kalau sudah tua jangan olahraga. Itu yang paling saya enggak suka. Kalau saya, makin tua (usianya) makin wajib," ujar Andi.

 

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.