Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2022, 13:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, identik dengan diadakannya lomba-lomba oleh masyarakat.

Adapun lomba yang digemari umumnya berupa lomba makan kerupuk, balap karung, panjat pinang, voli, sepak, bola, hingga bulu tangkis.

Sayangnya, lomba 17 Agustus kerap kali menimbulkan cedera pada peserta karena berbagai hal termasuk tidak melakukan pemanasan.

Oleh karena itu, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Rumah Sakit Pondok Indah – Bintaro Jaya, dr Grace Joselini Corlesa, Sp.KO, MMRS, berpesan agar masyarakat melakukan persiapan sebelum berlomba.

"Yang pasti kita mulai dari head to toe (kepala sampai kaki), kita lihat perlombaannya apa. Kita lihat dari suhunya dulu, kalau outdoor (luar ruangan) maka kenakan baju yang sesuai, asupan cairan juga yang sesuai," paparnya usai peluncuran Sport Medicine, Injury & Recovery Center (SMIRC) dengan taglineWe take you back to sport, faster!’ yang digelar di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: 6 Cedera Paling Sering dalam Olahraga Bulu Tangkis, Termasuk Cedera Bahu

Begitu pula jika Anda mengikuti lomba lari, voli, dan sebagainya saat meramaikan lomba 17-an, maka jenis sepatunya pun harus disesuaikan dengan perlombaan untuk mencegah cedera.

Pasalnya, cedera olahraga merupakan kerusakan pada jaringan tubuh yang terjadi akibat berolahraga ataupun latihan fisik.

Bila ada gerakan tiba-tiba, tidak melakukan pemanasan dengan baik, ataupun jarang berolahraga bisa timbul cedera pada tubuh.

Cegah cedera pemanasan sebelum lomba 17 Agustus

“Jangan lupa, sebelumnya pemanasan, stretching lalu asupan nutrisi dan istirahat juga harus yang terbaik. Yang penting antusiasme dan semangatnya untuk beraktivitas dan untuk berolahraga jangan dipatahkan," ungkap Grace.

Pemanasan yang baik, lanjut dia, misalnya seperti jalan-jalan kecil, lari-lari kecil, gerakan tangan memutar, kaki ke depan ke belakang. Ini disebut juga dengan warm up atau dynamic stretching. Hal ini juga dapat dilakukan untuk mencegah cedera saat ikut lomba 17 Agustus

Baca juga: 6 Tips Hindari Cedera Saat Berolahraga, Salah Satunya Jangan Lupa Pemanasan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com