Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2022, 08:03 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Inggris menjadi negara pertama yang menyetujui penggunaan vaksin bivalen. Jenis vaksin baru Covid-19 yang diklaim dapat melawan virus corona awal dan varian Omicron.

Regulator obat-obatan Inggris (MHRA) menyebutkan, vaksin bivalen merupakan produksi perusahaan farmasi Moderna asal Amerika Serikat.

Nantinya, vaksin baru tersebut diberikan sebagai booster bagi orang dewasa. Para menteri di Inggris menyampaikan, vaksin Covid-19 jenis ini akan menjadi bagian dari kampanye vaksin booster untuk musim gugur.

Dikatakan oleh MHRA, keputusan pemberian vaksin Covid-19 yang menargetkan dua varian didasarkan pada data uji klinis, yang menunjukkan booster memicu respons kekebalan kuat terhadap subvarian Omicron BA.1 dan virus asli corona.

Sementara itu, pihak Moderna pada Juni lalu mengeklaim, datanya memperlihatkan ketika diberikan sebagai dosis keempat, vaksin dapat meningkatkan antibodi penetral virus sebanyak delapan kali lipat terhadap Omicron.

Baca juga: Vaksin Baru Ini Disebut bisa Memblokir Covid-19 dan Varian Baru

Hasil dari uji coba vaksin baru Covid-19 Moderna ini, kata mereka, menemukan vaksin booster yang disesuaikan dengan variannya menghasilkan tingkat antibodi penetral virus terhadap subvarian hingga 1,69 kali lebih tinggi.

Eksperimen pada 437 orang itu pun menunjukkan bahwa vaksin yang diperbarui itu aman dan memberikan perlindungan kekebalan yang lebih baik terhadap varian yang lebih baru.

Namun, korelasi antara tingkat antibodi penetralisir dan efektivitas vaksin terhadap penyakit khususnya penyakit parah masih belum jelas.

"Tidak ada masalah keamanan serius yang diidentifikasi dengan formulasi (vaksin) Moderna baru," kata MHRA, seperti dilansir Reuters, Selasa (16/8/2022).

Adapun generasi pertama vaksin Covid-19 terus digunakan di Inggris untuk memberikan perlindungan terhadap penyakit dan mencegah pasien dari kematian.

"Apa yang diberikan oleh vaksin bivalen adalah membantu melindungi kita dari penyakit ini (Covid-19) karena virus terus berkembang," ujar Kepala Eksekutif MHRA June Raine, menjelaskan manfaat vaksin baru Covid-19 tersebut dalam menangkal dua varian virus corona.

Baca juga: Mengenal Vaksin Baru Valneva, Vaksin Covid-19 Keenam yang Diizinkan di Inggris

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com