Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi 6 Bulan Meninggal Usai Diajak Naik Motor Tegal-Surabaya, Dokter Ungkap Kemungkinan Penyebabnya

Kompas.com - 08/08/2022, 08:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan viral di media sosial seorang bayi meninggal dunia, setelah dibawa orangtuanya menggunakan motor. Hal ini diketahui dari unggahan akun Twitter @jungkangFamily, yang mengaku membawa bayinya melakukan perjalanan dari Tegal menuju Surabaya.

Orangtua bayi 6 bulan yang meninggal tersebut, mengajaknya menonton laga Persebaya Surabaya Vs Persita Tangerang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Akhirnya saya belajar apa makna 'Persebaya Sak Tekone Izrail' berkat ketololan yang terbungkus ego dan kesombongan saya," tulis akun @jungkangFamily dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Minggu (7/8/2022).

"Yang nekat mengajak anak saya berusia 6 bulan untuk away dari Tegal ke Surabaya demi melihat Persebaya bertanding home perdana. Semoga cukup saya saja yang tolol," tambahnya.

Baca juga: Belajar dari Bayi di Jombang Meninggal di Tengah Persalinan, Kapan Ibu Hamil Bisa Melahirkan Normal?

Saat ini, unggahan tersebut telah dihapus oleh sang pemilik akun. Namun, dia sempat menyebutkan bahwa mereka berangkat dari Tegal di hari Sabtu (30/7/2022) pukul 17.38 WIB. Kemudian tiba di Surabaya pada Minggu (31/7/2022) pukul 07.15 WIB.

"Anak saya batuk-batuk semacam ada dahak, nafas agak sesak. Kemudian dibawa ke RS Ewa Pangalila daerah Gn Sari," ungkapnya.

Selanjutnya, bayi tersebut dirujuk ke Rumah Sakit Pusat Angkutan Laut (RSAL) Dr. Ramelan, Surabaya. Ayah sang bayi mengaku mengalami kendala saat di perjalanan menuju rumah sakit.

"Kena lampu merah di depan DTC Wonokromo dan kepalang sepur (kereta) lewat di Wonokromo juga. Hingga akhirnya sudah terlalu lemah dan tak tertolong, meski dokter di RSAL sudah berusaha maksimal," kata pemilik akun @jungkangFamily.

Penjelasan dokter terkait kemungkinan penyebabnya

Menanggapi hal tersebut, CEO Homecare dan Medical Assistance Kavacare.id, dr Aprilianto Eddy Wiria, PhD, menjelaskan kemungkinan penyebab bayi 6 bulan yang meninggal dunia usai berkendara dalam waktu lama.

Menurutnya, untuk mengetahui secara persis penyebab kematian harus dilakukan pemeriksaan atau otopsi oleh dokter ahli misalnya spesialis forensik. Sehingga, bisa dipelajari penyebab kematian anak.

"Saya hanya bisa berkomentar dari apa yang saya baca di berita. Kalau dari beritanya sepertinya ada beberapa kemungkinan. Yang pertama kemungkinan bayinya kelelahan," ucap Eddy kepada Kompas.com, Minggu (7/8/2022).

Baca juga: 6 Penyebab Hidung Tersumbat pada Bayi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com