Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Alami Morning Sickness di Malam Hari? Begini Menurut Dokter

Kompas.com - 11/07/2022, 13:03 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian orang mungkin pernah mendengar istilah morning sickness, yang kerap dialami oleh ibu hamil. Hal ini ditandai dengan munculnya perasaan mual dan muntah, selama masa kehamilan.

Kendati disebut sebagai morning sickness, ternyata kondisi tersebut dapat terjadi kapan saja, baik pagi, siang atau malam hari.

Menurut ginekolog Selena Zanotti, MD, morning sickness adalah gejala umum awal kehamilan yang memengaruhi hingga 90 persen ibu hamil. Perasaan mual dan muntah selama kehamilan itu, juga dapat terjadi sepanjang hari.

Morning sickness paling sering terjadi di pagi hari ketika wanita bangun dan belum makan apa-apa, tetapi itu (morning sickness) bisa terjadi kapan saja di siang hari, sore dan malam hari," ungkap Zanotti dilansir dari Cleveland Clinic, Jumat (1/7/2022).

Baca juga: Kenapa Setiap Pagi Mual tapi Tidak Hamil?

Dijelaskannya, morning sickness kemungkinan besar terjadi selama trimester pertama, yaitu ketika usia kehamilan mencapai sekitar 14 pekan meskipun dapat pula berlangsung hingga trimester kedua, dan seterusnya.

Waktu, frekuensi maupun intensitas mual di pagi hari akan bervariasi pada setiap orang dan dapat berubah selama kehamilan.

Penyebab morning sickness saat malam hari

Zanotti menyebut, ada sejumlah alasan yang membuat ibu hamil mengalami morning sickness selain di pagi hari. Biasanya, diakibatkan karena perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.

Sebab, hormon estrogen dan progesteron meningkat saat masa kehamilan yang dapat memengaruhi cara makanan dan minuman bergerak di dalam tubuh.

Selain itu, hCG (human chorionic gonadotropin -- hormon yang bertanggung jawab untuk tes kehamilan positif berada pada puncaknya pada trimester pertama.

"Saat itulah kemungkinan besar Anda mengalami mual dan/atau muntah sealam kehamilan,” tutur Zanotti.

Lebih lanjut, ia berkata, bahwa morning sickness mungkin terjadi dikarenakan faktor genetik. Artinya, jika ada anggota keluarga yang mengalami mual di pagi hari selama kehamilan mereka, maka Anda ,mungkin memiliki kondisi yang sama.

Mereka dengan riwayat migrain, gangguan suasana hati, atau mabuk perjalanan juga termasuk dalam kelompok yang rentan mengalami mual hingga muntah. Ketika hamil, morning sickness dapat dipicu oleh beberapa hal di antaranya:

  • Merasa lapar atau haus
  • Makan makanan makanan pedas atau berminyak
  • Mencium bau yang menyengat seperti parfum atau makanan tertentu
  • Berbaring
  • Efek minum vitamin prenatal

Di sisi lain, beberapa penelitian menunjukkan morning sickness mungkin telah berperan untuk melindungi nenek moyang manusia yang berburu dan meramu.

Perasaan mual mungkin telah menjaga manusia purba, serta janin dalam kandungan mereka yang sedang berkembang, sehingga menghindari makanan yang berpotensi berbahaya, seperti buah beri beracun atau daging busuk.

Baca juga: Mengapa Tak Semua Ibu Hamil Alami Morning Sickness?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com