Kompas.com - 29/06/2022, 20:02 WIB

KOMPAS.com - Sekelompok ilmuwan mengatakan bahwa ternyata tikus jantan takut pada pisang. Sebab, berdasarkan studinya mereka menemukan aroma pisang menyebabkan tikus jantan menjadi stres.

Lantas, kenapa tikus jantan takut pisang?

Untuk menjawabnya, serba-serbi hewan kali ini membahas lebih dalam alasan tikus jantan takut pisang.

Tim ilmuwan di McGill University di Montreal, Quebec, mempelajari perilaku tidak biasa ini saat menganalisis lonjakan hormon stres pada tikus jantan ketika berada dekat dengan betina hamil atau menyusui.

Dalam studi yang dipublikasikan pada 20 Mei 202 di jurnal Science Advances ditemukan, bahwa perubahan hormonal pejantan dipicu oleh adanya senyawa yang disebut n-pentil asetat. Aroma tersebut berasal dari senyawa, yang juga ditemukan di urine tikus betina.

Senyawa itu juga yang menyebabkan pisang memiliki aroma bau khasnya sendiri. Akhirnya, para ilmuwan mempelajari tentang buah apa saja yang membuat tikus jantan stres.

Baca juga: Fakta-fakta Tikus Mondok Hidung Bintang, Pemangsa Tercepat di Dunia

"Semuanya mengejutkan, karena kami tidak mencari ini (tikus jantan takut dengan pisang) secara khusus dan menemukannya secara tidak sengaja," ujar penulis studi sekaligus profesor di departemen psikologi dari McGill University, Jeffrey Mogil dilansir dari Live Science, Sabtu (28/6/2022).

"Tikus betina hamil berada di lab kami untuk percobaan lain, dan salah satu mahasiswa pasca-sarjana kami menyadari bahwa tikus jantan mulai bertingkah aneh," lanjutnya.

Dalam studi tersebut, para peneliti mengatakan tikus jantan terutama yang belum kawin memiliki kebiasaan untuk memangsa bayi tikus. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kebugaran genetik tikus jantan.

Sehingga, untuk mencegah pejantan memangsa anaknya para betina yang sedang hamil dan menyusui mengandalkan chemosignaling, atau memancarkan respons kimia melalui tubuh mereka.

Inilah cara tikus betina untuk berkomunikasi dengan pejantan agar menjauh dari anak-anaknya.

"Kami telah melihat banyak pesan penciuman yang dikirim dari tikus jantan ke betina. Sebagian besar pesan ini berkaitan dengan perilaku seksual, tetapi dalam kasus ini (tikus jantan takut pada pisang), seks tidak ada hubungannya sama sekali," kata Mogil.

Baca juga: Lama Jadi Misteri, Ternyata Ini Alasan Tikus Air Bisa Menyelam

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.