Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO Sebut Belum Dapat Tentukan Asal-usul Covid-19 akibat Hilangnya Data dari China

Kompas.com - 10/06/2022, 18:02 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan penyelidikan terbarunya terkait asal-usul Covid-19 masih belum bisa disimpulkan.

Salah satu faktor penyebabnya adalah hilangnya data dari China, yang merupakan negara di mana virus corona pertama kali diidentifikasi pada 2019.

Dilansir dari Reuters, Jumat (10/6/2022) dengan hilangnya data tentang Covid-19 khususnya dari China, para ahli pun tidak dapat menyimpulkan secara pasti bagaimana mekanisme virus corona pertama kali ditularkan ke manusia.

Kondisi tersebut, kata WHO, juga membuat mereka ragu untuk menentukan bagaimana ataupun di mana virus corona muncul lalu merebak seperti sekarang.

Baca juga: Kesempatan Terakhir Cari Asal-usul Covid-19, WHO Bentuk Gugus Tugas Baru

Sementara ini, menurut catatan panel ahli WHO semua data yang ada saat ini menunjukkan asal virus corona penyebab Covid-19 diduga berasal dari hewan, kemungkinan besar kelelawar.

Kesimpulan serupa, asal-usul virus corona berasal dari hewan pernah pula disampaikan oleh badan PBB di tahun 2021, menyusul kunjungan mereka ke China.

Tim panel WHO, Scientific Advisory Group for the Origins of Novel Pathogens (SAGO), turut menekankan pihaknya tidak mungkin memberikan kesimpulan pasti karena kurangnya data.

“Semakin lama, semakin sulit jadinya (menentukan asal-usul Covid-19),” ujar pejabat senior WHO di sekretariat SAGO, Maria Van Kerkhove. 

Baca juga: WHO Kecewa China Belum Selesaikan Izin Tim Pemeriksa Asal-usul Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com