Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 3 Jenis Kanker Darah yang Rentan Menyerang Lansia

Kompas.com - 10/06/2022, 12:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kanker darah merupakan salah satu penyakit tidak menular yang rentan menyerang kelompok lanjut usia (lansia). Ada 3 jenis kanker darah yang sering terjadi yaitu Leukemia, Limfoma, dan Myeloma Multipel.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hematologi Onkologi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Dr Nadia Ayu Mulansari SpPD,K-HOM dalam diskusi daring bertajuk “Sayangi Lansia Kita dengan Deteksi Dini Kanker Darah”, Rabu (8/6/2022).

Di negara yang lebih maju, jumlah total kasus baru kanker darah yang terjadi pada orang berusia 70 tahun atau lebih, mewakili 45 persen dari total kasus.

Baca juga: Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diidap Ani Yudhoyono

Keganasan ini terkait erat dengan usia dan tingkat insiden meningkat secara eksponensial setelah usia 50 tahun.

Darah memiliki fungsi yang sangat vital bagi kesehatan tubuh manusia, karena darah menyumbang sekitar 8 persen dari berat badan normal kita dan berfungsi untuk memasok oksigen, nutrisi, hormon, dan antibodi ke seluruh tubuh.

Darah terdiri dari campuran plasma dan sel darah berupa sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Pada kondisi normalnya, sel darah putih secara teratur dihasilkan untuk menggantikan sel darah putih yang sudah lama ataupun mati.

Namun, saat produksi sel darah ini terjadi secara berlebihan atau terjadinya gangguan pertumbuhan sel darah di sumsung tulang, maka akan sangat berisiko untuk terjadinya penyakit kanker darah.

Disampaikan Nadia bahwa penyebab pastii penyakit kanker darah sampai saat ini masih belum diketahui, tetapi bersifat multifaktorial. Saat ini para ahli masih menduga kuat bahwa kanker darah sangat berkaitan dengan penurunan imunitas.

“Salah satu mekanisme yang diduga terkait adalah penurunan imunitas adaptif yang berhubungan dengan penambahan usia, sehingga risiko mengalami kanker darah akan meningkat pada usia lanjut,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, sel tubuh mempunyai kemampuan membelah diri dan akan mati untuk digantikan dengan sel baru.

Semakin menua usia seseorang, maka semakin menurun kemampuan proses normal pembelahan sel, sehingga prosesnya tidak sempurna dan bermutasi menjadi ganas.

Baca juga: 5 Pengobatan yang Janjikan Kesembuhan Pengidap Kanker Darah

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com