Kompas.com - 20/05/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Rendang adalah salah satu masakan khas Indonesia yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Masakan ini memiliki rasa yang nikmat, bahkan menjadi jenis makanan paling enak di dunia.

Sayangnya, rendang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang tinggi. Sehingga, membuat orang perlu memperhatikan asupan makanan ini agar tidak menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

Lantas, kenapa pada masakan rendang banyak mengandung lemak?

Mengutip pemberitaan Kompas.com, Selasa (18/2/2020), dalam buku Ajar Ilmu Kesehatan: Memahami Gejala, Tanda dan Mitos (2019) yang ditulis Dr. dr. Umar Zein, DTM&H., Sp.PD., KPTI., FINASIM dan dr. Emir El Newi, Sp.M, dituliskan kadar kolesterol daging sapi sekitar 89 mg per 100 gramnya.

Baca juga: 12 Efek Makan Terlalu Banyak Lemak, Obesitas hingga Kolesterol Tinggi

Seperti yang diketahui, daging sapi umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan rendang.

Dalam 100 gram daging sapi terkandung lemak sebanyak 15 gram, dengan 250 kalori per 100 gramnya.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (23/5/2020) kandungan kalori dalam santan untuk rendang juga sangat tinggi, di mana sekitar 93 persen kalorinya adalah lemak. Sebagai analogi, satu cangkir santan mengandung sebanyak 552 kalori.

Sederhananya, dalam setiap porsi penyajian rendang daging sapi mengandung 468 kalori. Apabila ditelaah lebih jauh lagi, kandungan yang ada di dalam rendang terdiri dari:

  • Lemak 26,57 gram
  • Karbohidrat 10,78 gram
  • Protein 47,23 gram

Batasan konsumsi kalori

Untuk diketahui, ada jumlah batasan konsumsi kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.