Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2022, 09:01 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keberadaan semut dapat sangat mengganggu, terlebih jika membentuk kawanan. Tidak asing lagi apabila semut suka mengerubungi sesuatu yang manis. Lantas, bagaimana cara mengusir semut di rumah?

Namun, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences pada 27 Oktober 2008 menunjukkan bahwa hewan satu ini lebih menyukai garam dibandingkan gula, setidaknya terjadi di daerah pedalaman yang miskin garam.

Hal tersebut terutama berlaku untuk semut pemakan tumbuhan dikarenakan semut karnivora mendapatkan cukup garam dari mangsanya.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), semut membutuhkan garam untuk menjaga aktivitas saraf dan otot tubuh serta keseimbangan air. Adapun gula digunakan untuk menambah energi bagi tubuhnya.

Sehingga tidak mengherankan apabila begitu mudah menemukan semut di sekitar makanan yang diletakkan di tempat terbuka karena hewan kecil ini tengah mencari makanan.

Baca juga: Cara Semut Berkembang Biak

Jenis semut yang biasa ditemukan di rumah dan memburu makanan adalah semut gula. Seringkali keberadaan semut ini begitu mengganggu, sehingga beragam cara dilakukan untuk dapat mengusir semut ini.

Semut gula, biasanya berukuran kecil, berwarna hitam atau cokelat, dan cenderung mencari makanan yang kaya karbohidrat seperti gula.

Cara berburu kelompok semut ini sangat terstruktur karena biasanya hanya ada sekitar satu atau dua ekor semut yang menjadi semut pramuka, lalu tiba-tiba datang secara berkoloni untuk mengerumuni makanan yang tidak tersimpan rapat.

Perlu diketahui, saat semut menemukan sumber karbohidrat, protein, atau lemak yang baik, semut pramuka meletakkan jejak kimia yang akan mengarahkan pengumpul koloninya.

Cara mengusir semut di rumah

Melihat semut berkerumun di sekitar makanan yang hendak disantap, pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Lantas, bagaimana cara mengusir semut di rumah?

Baca juga: Unik, Begini Cara Semut agar Tak Tenggelam di Lautan Gula

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com