Unik, Begini Cara Semut agar Tak Tenggelam di "Lautan Gula"

Kompas.com - 12/10/2020, 20:02 WIB
Semut api hitam gunakan pasir sebagai alat supaya terhindar dari tengelam saat berada cairan gula yang penuh.
IFLSCIENCE/Aiming zhou and Jian ChenSemut api hitam gunakan pasir sebagai alat supaya terhindar dari tengelam saat berada cairan gula yang penuh.


KOMPAS.com- Peneliti mengamati perilaku pada semut api hitam yang menunjukkan kemampuan mereka merespon kondisi darurat. Menariknya, perilaku ini menurut peneliti belum pernah diketahui sebelumnya.

Seperti dikutip dari IFL Science, Senin (12/10/2020) peneliti menemukan bahwa semut api hitam (Solenopsis richteri) menggunakan alat untuk membantu mereka tenggelam sekaligus mendapatkan makanan.

Kesimpulan ini terungkap setelah peneliti melakukan pengamatan semut di laboratorium. Dalam percobaan, semut-semut ini diberi wadah kecil berisi air gula.

Dengan kondisi normal mereka dapat mengapung dan makan di permukaan karena memang memiliki kerangka luar hidrofobik yang memungkinkan mereka mengapung di atas air gula.

Baca juga: Kamasutra Satwa: Mirip Lebah, Perkawinan Semut Sering Terjadi di Udara

 

Namun saat peneliti mengubah tekanan permukaan air yang membuat semut berisiko tenggelam jika memasuki air, semut menunjukkan perilaku yang tak disangka sebelumnya.

Semut-semut mulai mengendapkan butiran pasir di bagian dalam wadah yang dapat secara efektif menarik isinya ke luar.

Struktur pasir ternyata sangat efisien sehingga dapat menyedot hampir setengah dari air gula dari wadah dalam waktu lima menit.

Tak hanya berhasil memberikan ruang yang lebih besar untuk mengumpulkan air gula, penggunaan pasir sebagai alat ternyata juga mengurangi risiko semut api tenggelam.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X