Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2022, 11:01 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Otoritas Inggris telah memberikan persetujuan regulasi untuk penggunaan vaksin baru yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Perancis, Valneva. Pemberian izin ini menjadikan jumlah total vaksin Covid-19 yang disetujui untuk digunakan di Inggris menjadi enam jenis vaksin Covid-19.

Sebagai informasi, vaksin Pfizer/BioTech menjadi yang pertama diizinkan di Inggris pada 2020, disusul dengan vaksin Moderna, Oxford/AstraZeneca, Janssen, dan Novavax. Saat ini, vaksin Janssen dan Novavax tidak tersedia.

Sementara itu, regulator obat independen Inggris menjadi yang pertama di dunia yang menyetujui produk vaksin baru yang dikeluarkan oleh Valneva.

Vaksin Covid-19 baru Valneva

Berbeda dengan suntikan vaksin lainnya yang disetujui, vaksin Valneva adalah vaksin virus corona utuh yang tidak aktif, yang berarti virus hidup ditumbuhkan di laboratorium, namun tidak dapat menginfeksi sel, dan diberikan kepada orang-orang untuk memicu respons kekebalan.

Baca juga: Vaksin Baru Ini Disebut bisa Memblokir Covid-19 dan Varian Baru

Mengenal pendekatan pengembangan teknologi vaksin ini, sebelumnya telah digunakan untuk vaksin flu dan polio, yang kemudian dikembangkan pada produk vaksin baru Valneva asal Perancis.

Sebelumnya, para ahli telah mengusulkan bahwa suntikan vaksin Covid-19 terbuat dari virus mampu menghasilkan respons kekebalan yang lebih luas dibandingkan yang hanya melibatkan protein lonjakan. 

Hasil yang dirilis oleh Valneva pada bulan Oktober menunjukkan, vaksin Covid-19 baru tersebut bisa seefektif jab atau suntikan vaksin yang dikembangkan Oxford.

Selain itu, vaksin baru ini stabil saat disimpan di lemari es standar, yang bisa membuatnya lebih mudah didistribusikan.

Lebih lanjut, vaksin baru Valneva diberikan untuk orang dewasa dengan dua kali suntikan berjarak sekitar satu bulan,  untuk memberikan perlindungan terhadap infeksi Covid-19.

Baca juga: Moderna Akan Produksi Vaksin Baru untuk Lawan Varian Corona Afrika Selatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com