Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Tangmo Nida Diburu Warganet, Ini Dampak Psikologis Melihat Foto Jenazah

Kompas.com - 09/03/2022, 17:20 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Misteri penyebab meninggalnya Tangmo Nida, aktris asal Thailand masih terus ditelusuri. Namun, dunia maya ramai dengan aksi para warganet yang memburu foto-foto jenazah Tangmo.

Pada pekan lalu, jenazah aktris cantik tersebut ditemukan mengambang di Sungai Chao Phraya.

Hingga saat ini, pihak berwenang masih menelusuri penyebab kematian aktris tersebut.

Namun, di tengah upaya menyingkap misteri kematiannya, sejumlah video dan foto-foto jenazah Tangmo Nida bermunculan di media sosial.

Seperti diketahui, bahwa menyebarkan foto maupun video korban kecelakaan seperti itu, dapat memberi dampak psikologis seperti memicu rasa takut, trauma hingga syok bagi sebagian orang.

Bahkan, pencarian warganet soal foto Tangmo Nida pun menjadi trending topic di Google Trends Indonesia.

Terkait fenomena ini, Praktisi Psikolog asal Solo, Hening Widyastuti angkat bicara soal mengapa banyak orang yang mencari foto-foto jenazah mendiang Tangmo Nida, serta dampak psikologis melihat foto mayat

Baca juga: Foto Jenazah Tangmo Nida Banyak Dicari Warganet, Apa Sebabnya?

Menurutnya, alasan banyak warganet memburu foto jenazah Tangmo Nida, karena sosoknya yang seorang publik figur, sehingga kasus kematiannya banyak diperbincangkan oleh masyarakat.

Selain itu, kematian Tangmo Nida juga meninggalkan banyak misteri, terutama penyebab meninggalnya artis Thailand tersebut.

"Dia (Tangmo Nida) artis, publik figur, banyak orang mengenalnya, kemudian dia cantik, jadinya netizen, istilahnya kepo (ingin tahu) sekali," jelas Hening seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Pada dasarnya, menurut Hening, karena pengguna media sosial mudah untuk mengakses segala informasi dari seluruh dunia, maka fenomena ini sangat mungkin terjadi.

"Yang jelas kalau ingin cari tahu apa pun mereka lakukan. Mereka ingin melihat gambarnya, dan sebagainya. Sebetulnya secara moral dan etika ada tata aturannya," imbuhnya.

Kendati demikian, menyebarkan foto jenazah maupun korban meninggal, dapat memberikan dampak psikologis.

Sebab, seseorang mungkin saja akan mengalami rasa ketakutan setelah melihat foto-foto kematian seseorang. Beberapa pengguna sosial media yang sudah melihat foto jenazah Tangmo Nida pun mengaku menyesal dan tidak bisa tidur.

Baca juga: Usai Foto Selfie Ghozali, Ramai Jual NFT Foto KTP dan Tubuh Tanpa Busana, Ini Kata Psikolog Sosial

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com