Kompas.com - 26/01/2022, 08:01 WIB


KOMPAS.com - Pertengahan Januari 2022, Inggris diprediksi jadi negara pertama yang berhasil keluar dari pandemi Covid-19.

Sebagaimana dikutip dari The Times, (11/1/2022), pakar kesehatan publik London School of Hygiene and Tropical Medicine, Professor David Heymann mengatakan, tingkat kekebalan masyarakat Inggris di level sangat tinggi.

Sehingga, dia memprediksi virus corona di Inggris akan teratasi dan kembali ke pola penyebaran normal seperti infeksi lainnya.

Beberapa hari lalu pemerintah Inggris menghapus wajib masker, tetapi masih disarankan mengenakannya di ruang tertutup, saat ramai, dan bertemu orang asing.

Lantas, benarkah ada negara yang sudah bisa keluar dari pandemi Covid-19 saat ini?

Menjawab persoalan ini, Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi M.EPid pun angkat bicara.

Dalam diskusi daring bertajuk Super Immunity on Covid-19: What and How?, Sabtu (22/1/2022), Nadia mengatakan, untuk bisa keluar dari pandemi Covid-19 itu adalah harapan semua negara dan masyarakat di seluruh dunia.

Baca juga: Inggris Diprediksi Jadi Negara Pertama yang Berhasil Keluar dari Pandemi Covid-19

 

Kendati demikian, untuk mencapai target keluar dari pandemi Covid-19 tersebut tidak bisa dilakukan oleh Inggris atau satu negara saja.

Akan tetapi, pandemi Covid-19 bisa diselesaikan, jika banyak negara mampu mengatasi ini, dan kemungkinan nantinya akan keluar dari pandemi menjadi epidemi atau endemi secara bersamaan.

"Jadi sebenarnya, nggak bisa kalau cuma Inggris saja yang keluar dari pandemi Covid-19, tetapi negara-negara lain kasusnya (penularan) masih berlangsung dan terus meningkat sampai saat ini, ini masalah global, dan WHO nanti akan mengumumkan apakah pandemi ini berakhir atau tidak," kata Nadia.

Hal ini dikarenakan, pengkategorian level penyebaran penyakit ini sudah diklasifikasikan secara jelas oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ada tiga tingkatan yang disebutkan oleh WHO berdasarkan penyebaran suatu penyakit, di antaranya yakni endemi, epidemi dan pandemi. Berikut penjelasannya.

1. Endemi 

Endemi adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik di wilayah tertentu, misalnya penyakit malaria di Papua. Penyakit ini akan selalu ada di daerah tersebut, namun dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah.

Apabila Inggris disebut dapat keluar dari pandemi Covid-19, maka penyakit ini semestinya memasuki tahapan sebagai endemi.

Baca juga: Ilmuwan Inggris: Varian Omicron Tak Sama dengan Covid-19 di Awal Pandemi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.