Kompas.com - 25/01/2022, 14:01 WIB


KOMPAS.com- Wilayah Jakarta seringkali merasakan getaran akibat guncangan gempa bumi yang terjadi atau berpusat di Banten. Ahli pun beberkan skenario terburuk ancaman gempa Banten terhadap ibukota.

Gempa Banten yang terjadi pada pukul 16.05 WIB, Jumat (14/1/2022) menjadi salah satu gempa yang juga getaran akibat guncangan gempa ini terasa sampai Jakarta.

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis, M.Sc mengatakan, gempa Banten berpusat di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km.

Gempa tersebut merupakan gempa yang bersumber dari gempa bumi tipe sumber gempa tektonik.

Rahmat pun menjelaskan, laporan gempa dirasakan di Jakarta bukan baru kali ini saja.

Baca juga: Gempa Banten Berpusat di Laut, Ini Sejarah Gempa dan Tsunami Selat Sunda

 

 

Pada tanggal 23 Januari 2018 dan 7 Agustus 2019, gempa Banten juga dilaporkan dirasakan sampai ke Jakarta.

Dari berbagai kejadian itu, pada gempa Banten 14 Januari 2022 lalu. BMKG pun melakukan analisis dan mendapati skenario terburuk yang bisa terjadi di wilayah Jakarta jika hal serupa atau bahkan gempa dengan magnitudo yang lebih kuat dari itu kembali mengguncang Banten.

Disampaikan Rahmat, dari hasil analisis BMKG, gempa yang dirasakan di Jakarta 14 Januari 2022 kembali mengingatkan kepada publik, khususnya wilayah Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan banyaknya gedung tinggi, di mana pada saat gempa 14 Januari 2022 merasakan cukup kuat.

Gempa bumi sudah beberapa kali dirasakan kuat di Jakarta. Termasuk yang belum lama ini terjadi, gempa Banten terasa hingga Jakarta.

Baca juga: Gempa Banten Terkini, Ahli Ingatkan Mitigasi Gempa Jakarta Sejak 2018 Lalu

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.