Kompas.com - 17/01/2022, 20:02 WIB
Gurita selimut, Blanket Octopus adalah gurita langka. Gurita ini menampakkan diri di perairan Great Barrier Reef. @jacintashackleton via LIVE SCIENCEGurita selimut, Blanket Octopus adalah gurita langka. Gurita ini menampakkan diri di perairan Great Barrier Reef.


KOMPAS.com - Blanket octopus atau gurita selimut adalah spesies paling langka. Belum lama ini, sebuah video penyelam berhasil menangkap penampakan gurita langka tersebut.

Dilansir dari Live Science, Senin (17/1/2022), gurita berwarna merah itu berenang di atas Great Barrier Reef, di timur laut Australia.

Penampakan gurita langka ini dilaporkan pertama kali di situs berita lokal. Gurita selimut yang langka ini juga sering disebut jubah berdaging.

Jacinta Shackleton, ahli biologi kelautan dan pemandu terumbu karang, merekam dan memotret gurita selimut yang langka itu saat menyelam di lepas pantai Pulau Lady Elliot di Queensland pada 6 Januari lalu.

Baca juga: Langka, Gurita Bertubuh Transparan Terlihat di Samudra Pasifik

 

"Ketika saya pertama kali melihatnya, saya pikir itu mungkin ikan remaja dengan sirip panjang, tetapi ketika mendekat, saya menyadari itu adalah gurita selimut dan saya sangat gembira dan tidak bisa menahan kegembiraan saya!," kata Shackleton saat melihat penampakan gurita langka di Great Barrier Reef.

Great Barrier Reef Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk melindungi terumbu ikonik, gurita selimut adalah sekelompok kecil gurita yang jarang terlihat dalam genus Tremoctopus.

Shackleton bertemu dengan gurita betina muda di perairan dangkal, yang sangat langka, karena gurita ini biasanya hidup di lautan terbuka.

"Warna di jubahnya luar biasa dan sangat menarik untuk melihat cara dia bergerak melalui air," tulis Shackleton di akun Instagram-nya, @jacintashackleton, di mana dia memposting video dan foto pertemuan itu.

Gurita selimut tidak hanya spesies gurita langka, tetapi juga memiliki keunikan dari perbedaan ukuran tubuh antara gurita betina dan jantan yang sangat jauh, hingga cara mereka kawin atau bereproduksi.

Baca juga: Langka, Gurita Berlengan Sembilan Ditemukan di Lepas Pantai Jepang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.