Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kandungan Pasta Gigi yang Belum Anda Ketahui Fungsinya

Kompas.com - 15/01/2022, 21:12 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Setiap hari kita menggunakan pasta gigi dua kali sehari untuk membantu kita menyikat gigi. Pernahkah Anda terpikir, apa saja bahan yang terkandung di dalam pasta gigi, sehingga bahan ini bisa membantu membersihkan gigi kita?

Pasta gigi adalah pasta yang diformulasikan menggunakan beberapa bahan untuk meningkatkan kebersihan mulut seseorang. Pasta gigi mungkin memiliki beberapa fungsi berbeda sesuai bahan-bahan yang ditambahkan, seperti pasta gigi pemutih, pencegah gigi berlubang, pembuat napas segar, dan lain-lain. Namun, pada dasarnya pasta gigi memiliki lima bahan utama yang menjadi bahan penyusun dasar.

1. Flouride

Flouride adalah bahan yang paling umum kita ketahui ada di dalam pasta gigi. Bahan ini merupakan mineral yang mampu mencegah gigi berlubang. Flouride bekerja dengan memperkuat email gigi sehingga tidak mudah berlubang ketika ada bakteri atau makanan dan minuman yang asam.

2. Bahan abrasif

Walau pasta gigi terasa sangat lembut, ternyata pasta gigi mengandung bahan abrasif. Bahan abrasif ini berfungsi untuk membersihkan permukaan gigi dari plak dan sisa makanan secara mekanis.

Bahan-bahan abrasif ini harus cukup kasar untuk membersihkan permukaan gigi, namun cukup halus agar tidak melukai gusi atau justru menggerus permukaan gigi. Beberapa bahan abrasif yang umum digunakan dalam pasta gigi antara lain kalsium karbonat, silika, garam fosfat, dan aluminium oksida.

Baca juga: Apakah Fluoride dalam Pasta Gigi Baik untuk Gigi?

3. Perasa

Umumnya, kita menyikat gigi tidak hanya untuk membersihkan gigi, tapi juga untuk menyegarkan mulut. Rasa segar ketika beres menyikat gigi bisa menambah rasa menyenangkan dan rasa gigi lebih bersih.

Oleh karena itu, penambah rasa yang umum digunakan biasanya rasa-rasa menyegarkan seperti mint, mentol, dan perasa lainnya, termasuk pemanis. Bahan pemanis yang digunakan contohnya sortbitol. Sorbitol adalah pemanis buatan yang cukup memberikan rasa pada pasta gigi, namun tidak mengandung gula yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

4. Humektan

Humektan adalah bahan yang menjaga kelembaban pasta gigi agar pasta gigi tidak kering dan menggumpal. Selain itu, humektan juga merupakan bahan yang membuat pasta gigi terlihat mulus. Contoh bahan humektan yang digunakan dalam pasta gigi adalah sorbitol dan gliserin.

5. Detergen

Detergen adalah bahan yang menyebabkan pasta gigi bisa berbusa. Bahan ini membantu mengoptimalkan proses pembersihan oleh permukaan sikat dan bahan abrasif.

Namun, pada beberapa orang, bahan detergen ini menyebabkan sensitivitas pada permukaan mulut. Penting untuk mengetahui jika permukaan mulut Anda sensitif terhadap bahan-bahan detergen tertentu. Contoh bahan detergen adalah sodium lauryl sulfate (SLS).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com