Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Letusan Gunung Api di Dunia Paling Menarik Sepanjang 2021

Kompas.com - 31/12/2021, 20:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gunung berapi aktif tersebar di seluruh penjuru dunia. Gunung api yang aktif akan mengalami erupsi atau letusan dengan mengeluarkan lavanya di waktu tertentu.

Melansir Live Science, sepanjang tahun 2021 terdapat delapan letusan gunung api dan satu gunung es yang menarik terjadi tersebar di dunia.

Fenomena alam gunung meletus pun menarik perhatian masyarakat luas, namun ada beberapa fenomena gunung meletus paling menarik 2021.

Berikut ini, delapan letusan gunung api di dunia sepanjang tahun 2021.

1. Letusan Gunung Etna

Gunung Etna merupakan gunung berapi paling aktif di Eropa, sehingga tak heran apabila gunung kembali meletus di tahun 2021.

Saat puncak letusan Gunung Etna terjadi pada Februari lalu, fotografer menangkap beberapa gambar menakjubkan dari lava yang menyembur dari puncak.

Dalam satu gambar yang sangat mengesankan, sulur-sulur magma mengalir menyebar di langit malam di belakang sebuah gereja.

Gereja ini sebenarnya terletak lebih dari 15 mil atau 25 kilometer dari kawah gunung berapi, tapi dalam gambar seolah terlihat lava bercahaya hanya ratusan kaki dari gereja. Dalam kejadian erupsi ini, tidak ada korban luka atau kerusakan serius.

Baca juga: Masuk Trending Google, Ini Sejarah Letusan Gunung Kelud

Gunung Etna luar biasa aktif tahun ini, dan telah meletus setidaknya 50 kali sejak Februari lalu.

2. Letusan Gunung Fagradalsfjall

Gunung api Fagradalsfjall di Islandia meletus pada Maret 2021. Ini menjadi letusan pertama kalinya dalam lebih dari 900 tahun.

Gunung ini terletak sekitar 25 mil atau 40 km barat daya Reykjavik.

Kejadian ini pun membuat penggemar gunung berapi berbondong-bondong ke lokasi, dan salah satunya menerbangkan drone secara langsung ke kerucut gunung api.

Dalam video yang diambil oleh drone tersebut, terlihat aliran arus magma berwarna oranye terang. Letusan yang terjadi di dahului oleh lebih dari 20.000 kegempaaan.

Kendati begitu, seperti kebanyakan letusan di Islandia, letusan yang terjadi bersifat efusif, yakni lava merembes keluar dari tanah dengan kecepatan tetap dibandingkan menumpuk dan meledak ke luar.

3. Letusan Gunung Kilauea

Gunung berapi Kilauea di Pulau Besar Hawaii mulai meletus dari kawah Halema’uma’u, sebuah lubang kecil di dekat kaldera Kilauea yang jauh lebih besar, pada September lalu.

Letusan gunung api yang terjadi ini didahului oleh lebih dari 140 gempa bumi yang berlangsung dalam 12 jam pada Agustus 2021.

Baca juga: Letusan Gunung Semeru dan Jaminan Kesuburan untuk Masa Depan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com