Ilmuwan Temukan Kehidupan di Bawah Lapisan Es Antartika

Kompas.com - 23/12/2021, 19:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Jauh di bawah lapisan es Ekstrom di Antartika, tak ada apa-apa selain kegelapan total. Namun, dalam kegelapan itu ternyata ada kehidupan, sebuah ekosistem yang berkembang dan hidup di sana selama ribuan tahun.

Hal tersebut terungkap setelah peneliti dari Inggris dan Jerman melakukan studi di Antartika.

"Penemuan begitu banyak kehidupan yang hidup dalam kondisi ekstrem ini benar-benar mengejutkan dan mengingatkan kita bagaimana kehidupan laut Antartika begitu unik dan istimewa," kata penulis utama dan ahli biologi kelautan British Antarctic Survey, David Barnes.

Menurutnya, sebagian besar kehidupan itu merupakan hewan pemakan mikroalga. Namun tak ada tanaman atau ganggang yang dapat bertahan di lingkungan es Antartika tersebut.

Mengutip Science Alert, Kamis (23/12/2021) dalam studinya para peneliti menggunakan air panas untuk mengebor dua lubang di lapisan es Ekstrom pada 2018 lalu.