Kompas.com - 07/12/2021, 18:00 WIB
Ilustrasi Asteroid 2021 PH27. Asteroid baru yang ditemukan Agustus 2021 lalu. ShutterstockIlustrasi Asteroid 2021 PH27. Asteroid baru yang ditemukan Agustus 2021 lalu.

KOMPAS.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA menyebutkan bahwa sebuah asteroid raksasa diprediksi akan melaju dengan cepat mendekati bumi.

Fenomena ini disebut akan terjadi pada Sabtu, 11 Desember mendatang.

Ilmuwan menduga, asteroid tersebut berukuran lebih besar dari menara Eiffel yang ada di Paris, Perancis.

Dilansir dari Live Science, Sabtu (4/12/2021) mereka mengategorikan batuan ruang angkasa itu sebagai asteroid 'berpotensi berbahaya' atau potentially hazardous object (PHO) karena bergerak cepat dengan jarak terdekat dari Bumi mencapai 3,86 juta kilometer atau sekitar 10 kali jarak antara Bumi dan bulan.

Untuk diketahui, NASA menandai objek luar angkasa apa pun yang berada dalam jarak 193 juta kilometer dari Bumi sebagai "objek dekat Bumi", dan yang dalam jarak 7,5 kilometer sebagai "berpotensi berbahaya".

Baca juga: Misi ke Asteroid Bennu Ungkap Mengapa Permukaan Asteroid Berbatu?

Semua objek yang "berpotensi berbahaya" akan dipantau oleh astronom untuk mencari lintasan yang diprediksi dapat menempatkan asteroid pada jalur tabrakan dengan Bumi.
Kabar baiknya, para ilmuwan menyampaikan, asteroid diperkirakan hanya akan mendekati Bumi tanpa dampak apa pun.

Meski demikian, menurut astronom NASA, asteroid tersebut akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Diungkapkan NASA, asteroid bernama 4660 Nereus ini berbentuk seperti telur dan memiliki panjang hingga 330 meter. Selain itu, asteroid Nereus dinilai akan menembus orbit Bumi dengan kecepatan 23.700 km/jam.

Nereus sendiri diambil dari nama dewa laut dalam mitologi Yunani.

Asteroid Nereus kali pertama ditemukan pada tahun 1982. Ia mengorbit Matahari selama 1,82 tahun matahari yang membuatnya dekat dengan Bumi hampir setiap 10 tahun.

Baca juga: Fenomena Langit Desember 2021: Super New Moon dan 7 Puncak Hujan Meteor

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.