Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 17:02 WIB
Zintan Prihatini,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Burung macaw adalah ras burung yang mudah dikenali karena memiliki beragam variasi warna bulu yang sangat eksotis.

Beberapa jenis macaw memiliki bulu dengan campuran dari warna merah, biru, kuning, serta hijau.

Burung cerdas ini termasuk ke dalam keluarga burung beo berukuran besar dengan panjang sekitar 90 sampai 95 cm, serta berat badan sekitar satu hingga 1,7 kilogram.

Berdasarkan morfologinya, burung ini memiliki ekor yang panjang, bulu berwarna-warni, dengan paruh besar dan kuat hingga dapat memecahkan tempurung kelapa.

Baca juga: Mengenal Burung Macaw, Kado dari Dinda Hauw untuk Rey Mbayang

Sebenarnya, kenapa ya bulu burung macaw bisa berwarna-warni? Topik serba-serbi hewan kali ini akan membahas keunikan tersebut.

Warna pada bulu dihasilkan dari pigmentasi, pembiasan cahaya terhadap struktur bulu, maupun kombinasi keduanya.

Ada tiga pigmen utama yang memberi warna pada bulu burung. Pigmen yang disebut melanin menghasilkan warna hitam atau cokelat tua.

Kemudian, ketika burung memakan tanaman atau jenis makanan tertentu, maka mereka akan menelan karotenoid yang akhirnya menghasilkan warna pada bulu mereka.

Dilansir dari birds and blooms, Jumat (24/4/2020) warna burung yang cerah bukan sekadar untuk keindahan saja. Setiap corak, garis, dan titik memiliki tujuan yang penting bagi kelangsungan hidup burung.

Burung yang berwarna-warni seperti macaw, biasanya menggunakan bulu tersebut untuk menarik perhatian pasangan dan bersaing dengan kelompok lainnya, serta digunakan untuk melindungi diri dari pemangsa.

Melansir Pets on Mom, Selasa (7/12/2021) banyak spesies burung beo memiliki warna cerah. Para ilmuwan percaya, bahwa warna cerah yang dimiliki burung erat kaitannya dengan proses seleksi seksual.

Spesies burung jantan biasanya lebih berwarna dibandingkan burung betina.

Menariknya, burung seperti macaw dapat mengidentifikasi spesies dan jenis kelamin burung lain berdasarkan warnanya. Maka, saat musim kawin mereka lebih memilih pasangan dengan warna bulu yang cerah.

Sementara itu, pejantan dengan warna yang mencolok disebut memiliki jumlah sperma yang lebih tinggi, begitu pula betina yang lebih berwarna akan menghasilkan anak yang lebih besar dan sehat.

Ilsutrasi burung macawUnsplash/Shannon Kunkle Ilsutrasi burung macaw

Fakta bulu burung macaw

Bisa berubah warna

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, warna burung macaw akan berubah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com