Kompas.com - 07/12/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi burung macaw Unsplash/Sid BalachandranIlustrasi burung macaw

KOMPAS.com - Burung macaw adalah ras burung yang mudah dikenali karena memiliki beragam variasi warna bulu yang sangat eksotis.

Beberapa jenis macaw memiliki bulu dengan campuran dari warna merah, biru, kuning, serta hijau.

Burung cerdas ini termasuk ke dalam keluarga burung beo berukuran besar dengan panjang sekitar 90 sampai 95 cm, serta berat badan sekitar satu hingga 1,7 kilogram.

Berdasarkan morfologinya, burung ini memiliki ekor yang panjang, bulu berwarna-warni, dengan paruh besar dan kuat hingga dapat memecahkan tempurung kelapa.

Baca juga: Mengenal Burung Macaw, Kado dari Dinda Hauw untuk Rey Mbayang

Sebenarnya, kenapa ya bulu burung macaw bisa berwarna-warni? Topik serba-serbi hewan kali ini akan membahas keunikan tersebut.

Warna pada bulu dihasilkan dari pigmentasi, pembiasan cahaya terhadap struktur bulu, maupun kombinasi keduanya.

Ada tiga pigmen utama yang memberi warna pada bulu burung. Pigmen yang disebut melanin menghasilkan warna hitam atau cokelat tua.

Kemudian, ketika burung memakan tanaman atau jenis makanan tertentu, maka mereka akan menelan karotenoid yang akhirnya menghasilkan warna pada bulu mereka.

Dilansir dari birds and blooms, Jumat (24/4/2020) warna burung yang cerah bukan sekadar untuk keindahan saja. Setiap corak, garis, dan titik memiliki tujuan yang penting bagi kelangsungan hidup burung.

Burung yang berwarna-warni seperti macaw, biasanya menggunakan bulu tersebut untuk menarik perhatian pasangan dan bersaing dengan kelompok lainnya, serta digunakan untuk melindungi diri dari pemangsa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.