Kompas.com - 04/12/2021, 17:03 WIB
Ilustrasi varian Omicron membawa banyak mutasi virus corona. Studi baru, peneliti ungkap varian virus Omicron membawa mutasi dari gen virus flu biasa. SHUTTERSTOCK/Corona Borealis StudioIlustrasi varian Omicron membawa banyak mutasi virus corona. Studi baru, peneliti ungkap varian virus Omicron membawa mutasi dari gen virus flu biasa.

KOMPAS.com - Para ilmuwan masih terus mempelajari varian Omicron, varian baru virus corona yang sempat menggemparkan dunia. Salah satu dugaan analisis ahli, yakni kemungkinan varian baru ini mengambil mutasi dari gen virus flu biasa.

Menurut peneliti, varian virus Omicron kemungkinan memperoleh setidaknya satu dari mutasinya dengan mengambil potongan materi genetik dari virus lain yang ada dalam sel yang terinfeksi yang sama.

Mengutip Reuters, Sabtu (4/12/2021), urutan genetik dari mutasi virus varian Omicron tidak muncul dalam versi virus corona sebelumnya.

Akan tetapi, urutan genetik tersebut selalu hadir di banyak virus lain termasuk virus penyebab flu biasa, dan yang juga ada dalam genom virus manusia.

Dengan mengambil sedikit potongan genetik virus tersebut, varian virus Omicron ini membuat dirinya tampak 'lebih manusiawi', yang akan membantunya menghindari serangan oleh sistem kekebalan manusia.

Hal itu dijelaskan oleh Venky Soundararajan dari Cambridge, perusahaan analitik data yang berbasis di Massachusetts, yang memimpin studi ini.

Artinya, bahwa virus akan menjadi lebih menular, sementara hanya akan menyebabkan penyakit ringan atau tanpa gejala.