Kompas.com - 04/12/2021, 13:01 WIB
Ilustrasi reumatik. Banyak pasien post Covid melaporkan gejala long covid dengan penyakit reumatik. SHUTTERSTOCK/LadaniferIlustrasi reumatik. Banyak pasien post Covid melaporkan gejala long covid dengan penyakit reumatik.


KOMPAS.com - Beberapa penelitian menunjukkan, pasien yang baru sembuh dari Covid-19 bisa terkena gejala reumatik, bahkan memicu penyakit reumatik kronis. Lalu, apakah post Covid dan reumatik tersebut memiliki keterkaitan atau hubungan?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Reumatologi, RS Pondok Indah- Pondok Indah, Dr dr Rudy Hidayat Sp.PD-KR mengatakan, memang saat ini ada bahasan tentang kaitan penyakit reumatik dengan kondisi pascainfeksi Covid-19.

Beberapa kondisi penyakit reumatik yang dihubungkan dengan kondisi pasien post Covid, usai sembuh dari infeksi Covid-19 utamanya kelompok reumatik autoimun atau penyakit dengan penyebab autoimun.

Namun perlu diketahui, penyakit reumatik adalah setiap gangguan yang melibatkan sistem organ muskuloskeletal (sendi, otot, tulang, dan struktur jaringan ikat) dan autoimun. 

Sedangkan, infeksi Covid-19 adalah penyakit infeksi oleh virus severe acute respiratory syndrome 2 (SARS-CoV-2) yang menimbulkan kelainan atau gangguan pada sistem organ pernapasan dan berbagai sistem organ lainnya.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan jika Alami Post Covid Syndrome

 

 

Terkait hubungan post Covid dan penyakit reumatik, dijelaskan Rudy, berbagai laporan dari seluruh pelosok dunia, banyak mengungkapkan kondisi individu pasca infeksi Covid-19 ini.

Dari data yang ada, ternyata lebih dari 50 persen pasien masih memiliki beberapa gejala gangguan muskuloskeletal yang menetap dalam jangka waktu yang cukup lama hingga 6-9 bulan setelah infeksi. 

Kondisi yang dikenal dengan post-covid syndrome atau long covid condition ini sangat mungkin juga disertai gangguan pada sistem organ yang lain, terutama paru dan jantung. 

Gejala long covid pada pasien post Covid sedikit berbeda dengan gejala gangguan penyakit reumatik sistem organ muskuloskeletal.

Baca juga: 5 Gejala Post Covid Syndrome yang Paling Sering Dirasakan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.