Gerhana Matahari Total di Antartika Besok, Bisakah Dilihat dari Indonesia?

Kompas.com - 03/12/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi gerhana matahari total yang terjadi ketika Matahari, Bumi dan Bulan sejajar sedemikian rupa, sehingga menghalangi sinar matahari secara penuh. [NASA VIA BBC INDONESIA] NASA VIA BBC INDONESIAIlustrasi gerhana matahari total yang terjadi ketika Matahari, Bumi dan Bulan sejajar sedemikian rupa, sehingga menghalangi sinar matahari secara penuh. [NASA VIA BBC INDONESIA]

KOMPAS.com - Sejumlah kawasan di Antartika akan mengalami Gerhana Matahari Total (GMT) besok, Sabtu (4/12/2021). 

Sejak pukul 07.03 - 08.04 Universal Time, wilayah Antartika yang terkena umbra Bulan akan mengalami Gerhana Matahari Total dengan durasi totalitas antara 90-116 detik.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin mengatakan, GMT kali ini merupakan gerhana ke-13 dari 70 gerhana dalam Seri Saros ke-152.

Baca juga: Bagaimana Fenomena Gerhana Matahari Total Itu Terjadi?

Gerhana Matahari Total di Antartika dalam Seri Saros 152 ini sebelumnya pernah terjadi pada 23 November 2003, akan terjadi kembali pada 15 Desember 2039 dan 26 Desember 2057.

"Lebar umbra Bulan di permukaan Bumi bervariasi antara 421-450 kilometer," jelasnya.

Sementara, wilayah yang terkena penumbra Bulan akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan lebar gerhana kurang dari 10 persen diameter Matahari.

Wilayah yang akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian adalah Republik Afrika Selatan, Namibia, Australia bagian Selatan (Victoria, sebagian New South Wales, Teritori Ibukota Australia), dan Tasmania.

Sedangkan, Kepulauan Malvinas dan Tierra del Fuego akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan lebar gerhana antara 10 persen - 40 persen diameter Matahari.

Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan lebar gerhana antara 93- 97 persen diameter Matahari.

Baca juga: Apa Perbedaan Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Cincin?

Bisakah gerhana matahari total dan sebagian teramati di Indonesia?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.